KLASIFIKASI DATA SURVEI DAN PEMANFAATAN FOCUS GROUP DISSCUSSION PADA PELAKSANAAN MBKM DENGAN MENGGUNAKAN METODE C4.5 SEBAGAI PENYUSUNAN STRATEGI DALAM KEGIATAN MBKM

Thomas Adi Purnomo Sidhi
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Indonesia

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan inovasi pembelajaran yang dicetuskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pada pelaksanaan MBKM, program studi menjadi pelaksana yang berkontribusi secara teknis dan pendukung atas terlaksananya program ini. Melalui program MBKM, ditemukan pengetahuan yang dapat digali dari data Focus Group Disscussion dan survei yang telah dilaksanakan. Data yang digunakan merupakan hasil pelaksanaan FGD pada tingkat program studi dan mahasiswa pelaksana MBKM yang dilakukan tim riset pelaksanaan MBKM pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Data survei didapatkan dari pelaksanaan survei yang dicetuskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada mahasiswa Informatika UAJY. Dari penelitian ini, diharapkan temuan-temuan pengetahuan ini dapat digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam peningkatan pelaksanaan MBKM berikutnya.

Keywords
Data Mining; C4.5; Program MBKM
References

Asmaul Husnah Nasrullah, “PENERAPAN METODE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI MAHASISWA BERPOTENSI DROP OUT,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, Agustus., hal. 244 – 250, 2018.

Erlin Elisa, “Analisa dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Kontruksi PT.Arupadhatu Adisesanti,” Jurnal Online Informatika, vol. 2, no. 1, Juni., hal. 36 – 41, 2017.

Erlan Darmawan, “C4.5 Algorithm Application for Prediction of Self Candidate New Students in Higher Education,” Jurnal Online Informatika, vol. 3, no. 1, Juni., hal. 22 – 28, 2018.

Herlinda, “Prototipe Web Kms pada Universitas Sebagai Sarana Komunikasi Dosen dengan Kerangka Kerja “Tiwana”,” Jurnal String, vol. 1, no. 3, April., hal. 325 – 334, 2017.

Made Waluyati, “Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar,” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 8, no. 1, Juli., hal. 80 – 91, 2020.

Liliana Swastina, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa,” Jurnal GEMA AKTUALITA, vol. 2, no. 1, Juni., hal. 93 – 98, 2013.

J. R. Quinlan, "C4.5: Programs for Machine Learning," Elsevier, 1993.

Q. Zhang and S. Ma, “The Implementation of Decision Tree C4.5 Algorithm in Data Mining,” in 2009 International Conference on Information Management, Innovation Management and Industrial Engineering, Guangzhou, China, 2009, pp. 96–98.

Information
PDF
59 times PDF : 46 times