RANCANG BANGUN PORTAL WEB E-HERITAGE SEBAGAI PLATFORM SISTEM INFORMASI WARISAN BUDAYA

Muhammad Subali
Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama
Indonesia
Miftah Andriansyah
Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama
Indonesia
Imam Purwanto
Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama
Indonesia
Debyo Saptono
Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama
Indonesia

Abstract

Pembelajaran mengenai bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia sangat diperlukan sehingga kelestarian bangunan-bangunan bersejarah tersebut dapat terus dijaga. Dimasa pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia ini, pola pikir pengunjung objek sejarah dan wisata telah berubah yang sebelumnya memungkinkan untuk berkunjung langsung ke tempat bersejarah menjadi sulit. Perkembangan teknologi membuka peluang pada berbagai bidang untuk menjadi lebih dikenal dimasyarakat umum, salah satunya dalam hal warisan budaya di Provinsi Banten. Provinsi Banten memiliki banyak sekali benda dan bangunan peninggalan yang dapat menjadi objek wisata. Warisan budaya Provinsi Banten masih belum diketahui luas oleh masyarakat Banten khususnya, agar menambah pustaka digital warisan bersejarah di Provinsi Banten maka pada penelitian ini dibuat Rancang Bangun Portal Web E-Heritage untuk Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan sistem portal web E-Heritage. Portal web ini dapat menjadi wadah perpustakaan digital yang mempunyai kelebihan yaitu memiliki fitur Virtual Reality yang berbasis web dan Augmented Reality yang open source. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar Portal web ini menjadi platform nasional sehingga dapat diadopsi di Provinsi lain di Indonesia.

Keywords
Augmented Reality; E-heritage; Portal Heritage; Provinsi Banten; Virtual Reality
References

UNESCO Home : http://whc.unesco.org. Diakses 08 Oktober 2021.

DiMaggio, P. David Throsby: 2001, Economics and Culture (Book Review). Journal of Cultural Economics 27, 73–75 (2003).

Barsanti, S.G., Guidi, G., 2013. 3D digitization of museum content within the 3D-ICONS project. ISPRS Ann. Photogram. Remote Sens. Spatial Inf. Sci, II-5 W 1, 151156.

Andrea, A., Niccolucci, F., Bassett, S., Fernie, K., 2012. 3D-ICONS: world Heritage sites for Europeana: making complex 3D models available to everyone. In: Paper Presented at the 2012 18th International Conference on Virtual Systems and Multimedia.

Asfari, B. Setiawan, dan N. A. Sani, “Pembuatan aplikasi tata ruang tiga dimensi gedung serba guna menggunakan teknologi virtual reality [studi kasus: Graha ITS Surabaya],” Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, hal. A540 – A544, 2012

Yuliana dan E. Lisdianto, “Aplikasi virtual tour sebagai media promosi objek wisata di Stone Garden kabupaten Bandung Barat,” Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, hal. 19 – 24, 2017.

Tomi, V. Jari, H. Eero. “Creating and Using Geospatial Ontology Time Series in a Semantic Cultural Heritage”. 2008.

R.Maria, R. F. Francisco, J. S. Rafael. “Web Technologies Applied to Virtual Heritage”. Journal of Cultural Heritage. 2012.

Pressman, R.S. “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I”. Yogyakarta:Andi. 2015.

Information
PDF
420 times PDF : 308 times