PENGONTROL RUANGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER NodeMCU DENGAN APLIKASI TELEGRAM

Yasman Rianto
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Lampu, kipas, TV, kulkas dan peralatan elektronik lainnya merupakan peralatan rumah tangga yang memanfaatkan energy listrik dalam penggunaannya. Sistem kontrol kendali peralatan rumah tangga yang masih manual dalam pengoperasiannya menyebabkan permasalahan saat akan menghidupkan dan mematikannya. Dibutuhkan suatu pengendali untuk mengatur itu semua tanpa harus berada dilokasi untuk menyalaknnya. Kemajuan dunia teknologi membuat jarak yang jauh menjadi dekat, membuat yang tidak tampak menjadi mudah dikendalikan. Permasalahan itu mengakitbatkan dibuatnya suatu alat pengendali pengontrol pengendali ruangan untuk menyalakan lampu dan kipas DC dengan menggunakan mikrokontroler NodeMCU. Lampu dan kipas DC dikendalikan dengan menggunakan aplikasi telegram yang terdapat pada smartphone dengan bantuan wifi. Perintah dari telegram akan diteruskan wifi ke NodeMCU untuk selanjutnya diteruskan ke bagian relay untuk menyalakan lampu dan kipas DC. Motor servo akan bergerak untuk membuka pintu jika berhasil menyalakan keduanya. Pengontrol ruangan ini berhasil diuji coba dan dapat menghidupkan lampu serta kipas DC dalam suatu ruangan. Modul relay akan berada dalam kondisi 5° untuk kondisi pintu terbuka dan 90° untuk kondisi pintu tertutup.

Keywords
Mikrokontroler NodeMCU; Motor Relay; Motor Servo; Telegram
References

Prihatmoko, "Perancangan dan Implementasi Pengontrol Suhu Ruangan Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno," Jurnal SIMETRIS, vol. 7, no. 1, hal. 117-122, 2016.

S. Maheri and H. Supriyono, "Pengontrol Lampu Jarak Jauh Berbasis Web," Jurnal Emitor, vol. 19, no. 01, hal. 10-15, 2019.

Saputra, D. Febriansyah and H. Kuswara, "Alat Kendali Lampu Rumah Menggunakan Bluetooth Berbasis Android," Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA), 4, no. 1, hal. 273-286, 2014.

A. Satya, Y. Christiyono and M. Somantri, "Pengontrol Lampu Melalui Internet Manggunakan Mikrokontroler Arduino Berbasis Android," TRANSIENT, vol. 5, no. 3, 2016.

Saputra and A. H. Masud, "Akses Kontrol Ruangan Menggunakan Sensor Sidik Jari Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328P," Seminar Nasional Teknologi dan Komunikasi (SENTIKA) 2014, 2014.

R. Fauzi and H. Mukhtar, "Rancang Bangun Sistem Pengaturan Temperatur Ruangan Menggunakan Sensor DHT11 Berbasis Mikrokontroler Arduino," Prosiding Celscitech UMRI 2016, vol. 1, hal. 122-126, 2016.

F. Wicaksono, "Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 untuk Smart Home," Jurnal Teknik Komputer Unikom, vol. 6, no. 1, hal. 1-6, 2017.

Gunge, Vaishnavi S., and Pratibha S. Yalagi. "Smart home automation: a literature review." International Journal of Computer ApplicationsProceedings on National Seminar on Recent Trends in Data Mining, vol. RTDM 2016, no. 1, hal.6-10, 2016.

A. Kurniawan . “Perancangan Sistem Pengendali Lampu berbasis SMS Gateway dengan mikrokontroler ATmega 8535”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi, SNITek, 2017, hal.189-198, 2017

Hermawan, Deny, and S. T. Helman Muhammad. “Pengendali Lampu dan Kipas Angin dari Jarak Jauh dengan Wifi dan Raspberry Pi”. Skripsi Tugas Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Madakam, Somayya, et al. "Internet of Things (IoT): A literature review." Journal of Computer and Communications, vol. 3, no.5, hal.164, 2015.

Supriyono, Heru, Jisnu Adi Widjaya, and Agus Supardi. "Penerapan Jaringan Virtual Private Network Untuk Keamanan Komunikasi Data Bagi PT. Mega Tirta Alami." Jurnal WARTA, vol.16, no.2, hal. 88-101, 2013.

Nugroho, Irwan, Bebas Widada, and Kustanto Kustanto. "Perbandingan performansi jaringan Virtual Private Network metode Point to Point Tunneling Protocol (PPTP) dengan metode Internet Protocol Security." Jurnal TIKOMSIN (Teknologi Informasi dan Komunikasi Sinar Nusantara), vol.3, no.2, 2015.

Information
PDF
437 times PDF : 536 times