ANALISIS KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN USULAN TERAPI MANUAL UNTUK MEREDUKSI NYERI PADA LEHER DAN BAHU (KASUS: PEDAGANG TAHU PIKUL KELILING)

Stephanus Benedictus Bera Liwun
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kegiatan mengangkut atau memindahkan barang merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan. Biasanya kegiatan ini dilakukan untuk memindahkan barang mulai dari kecil sampai dengan yang berukuran besar. Pada kondisi ini bahu dan bagian tangan menjadi fokus penelitian.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis keluhan yang ditimbulkan oleh kegiatan mengangkat saat memakainya dan memberikan saran untuk memperbaiki posisi memanggul. Subjek penelitian adalah empat orang pedang tahu pikul keliling. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner Nordic Body Map, kemudian mengolah data keluhan dengan aplikasi ergoweb, melakukan terapi manual, dan mencatat hasil dari terapi manual tesebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi yang paling dirasakan adalah nyri pada leher bagian atas dan bahu kiri, yang terkadang dirasakan pada lengan atas tangan kanan dan  kiri.

Keywords
keluhan; muskuloskeletal; pikul
References

U. Ucik dan K. S. Rabbani, Hubungan lama kerja, sikap kerja dan beban kerja dengan muskuloskeletal disorders (Msds) pada petani padi di Desa Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe Tahun 2017, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, vol. 2, no. 6, May, hal. 1-1-, 2017.

N. Suárez-Sanabria dan A. M. Osorio-Patiño, Biomecánica del hombro y bases fisiológicas de los ejercicios de Codman, CES Medicina, vol 27, no. 2, July-December, 2013. [Daring]. Avalable: http://www.scielo.org.co/pdf/cesm/v27n2/v27n2a08.pdf. [Diakses: 08 September 2021].

E. Nurmianto, Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh September, 2008.

A. G. Safitri, B. Widjasena, dan B. Kurniawan, Analisis penyebab keluhan neck pain pada pekerja di pabrik sepatu dan sandal kulit kurnia di Kota Semarang, Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 5, no. 3, July, hal. 234-239, 2017.

M. E. Castrillón, Imaginología del hombro del lanzador, 8o Simposio de Medicina Aplicada a la Actividad Fisica y al Deporte Latreia, vol. 26, no. 4, Oktober, 2013. [Daring]. Available: https://revistas.udea.edu.co/index.php/iatreia/article/view/17128. [Diakses: 10 Juli 2020].

E. Maijunidah, Faktor-faktor yang mempengaruhi keluhan musccloskeletal disordes pada pekerja assembling PT X Bogor. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta, 2010.

W. Riyadina, F. X. Suharyanto, dan L. Tana, Keluhan nyeri musculoskeletal pada pekerja industri di kawasan industri pulo gadung Jakarta, Maj Kedokteran Indonesia, vol. 58, no. 1, January, 2008. [Daring]. Available: https://id.scribd.com/doc/211091622/563-615-1-PB-1. [Diakses: 10 Juli 2020].

Tarwaka, Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Uniba Press: Surakarta, 2004.

R. N. Jalajuwita dan I. Paskarini, Hubungan posisi kerja dengan keluhan muskuloskeletal pada unit pengelasan PT. X BEKASI, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, vol. 4, no. 1, Jun., hal. 33-42 2015.

B. Trisnowiyanto, Teknik penguluran otot–otot leher untuk meningkatkan fungsional leher pada penderita nyeri tengkuk non-spesifik, Jurnal Kesehatan Terpadu, vol. 1, no. 1, March, hal. 6-11, 2017.

D. S. Wibowo, Anatomi Tubuh Manusia. Jakarta: Grasindo. 2005.

Setiadi, Anatomi dan Fisiologi Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

T. H. Wiyanto, Hubungan antara beban kerja dan sikap kerja denga keluhan muskuloskeletal pada buruh panggul di Kawasan Industri Candi Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang, 2011.

J. M. V. Pardo, Hombro doloroso e incapacidad temporal, el retorno al trabajo tras larga baja por hombro doloroso, causalidad del trabajo en el hombro doloroso, Medicina y Seguridad del Trabajo, Dec, hal. 337-359, 2016.

M. Viljanen, A. Malmivaara, J. Uitti, M. Rinne, P. Palmroos, P. Laippal, Effectiveness of dynamic muscle training, relaxation training, or ordinary activity for chronic neck pain: randomised controlled trial, BMJ, Aug., hal. 1-5, 2003.

C. Kisner, E. Akbas, Atay, A. O., dan Colby L.A., Therapeutic exercise, Fifth Edition,. Philadelpia : F.A, 2007.

Information
PDF
480 times PDF : 15638 times