THERMAL ANALISIS INJECTION MOLDING PADA COVER AIR FLOW TERHADAP SHORT MOLD DEFECT

Muhammad Yusuf Nurfani
Universitas Gunadarma
Indonesia
Irvan Septyan Mulyana
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Plastik Injection Molding (PIM) merupakan proses produksi pembentukan material plastik dari material resin berbentuk butiran yang digunakan dalam membuat suatu komponen manufaktur. Defect atau kecacatan yang umumnya terjadi pada plastik injection molding yaitu short mold yaitu kondisi dimana part yang dihasilkan tidak terisi material plastik secara sempurna. Pada penelitian membahas tentang analisa panas pada cover air flow terhadap short mold defect. Metode yang digunakan adalah metode perhitungan actual dan analisa aktual terhadap part injection kemudian membandingkan hasil dari variasi suhu. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah Polypropylene (PP) dengan grade M560 yang dimasukan kedalam injection molding dengan tekanan 96 Mpa. Suhu yang akan dianalisis yaitu 130̊C dengan cooling time 15 second , suhu 150̊C cooling time 19 second dan suhu 170̊C cooling time 23 second. pada barrel. Hasil penelitian ini menunjukan temperatur 170̊C dengan cooling time 23 detik dapat mengatasi masalah short shot pada cover air flow pada saat proses injection part.

Keywords
Thermal Analisis; Injection Molding; Cooling Time; Short shot
References

Ega Holiyan M.L, Syabani, M.W dan Wulung, R.B.S, “Pengaruh Suhu dan Tekanan Injeksi Terhadap Short Shot Produk Polikarbonat pada Mesin Injection Molding”, Jurnal Teknologi Kulit, Sepatu dan Produk,vol. 16, Aug, hal 1-13, 2017.

Norman Iskandar dan Fajri Ramadhan Vendiza,”Analisis Cacat Short Shot dalam Proses Injection Molding Pada Komponen Shourd Fan”, Prosiding SNST ke-10 Universitas Wahid Hasyim, hal 101-106, 2019.

Anwar Ilmar Ramadhan, Ery Diniardi, Muhammad Daroji,”Analisa Penyusutan Produk Plastik Pada Proses Injection Molding Menggunakan Media Pendingin Cooling Tower dan Udara Menggunakan Material Polypropylene”, Jurnal Riset dan Teknologi Universitas Muhammadiyah, vol. 1 July, hal 65-74, 2017.

U. Wahyudi, “Pengaruh Injection Time dan Backpressre Terhadap Cacat Penyusutan Pada Produk Kemasan Toples dengan Injection Molding Menggunakan Material Polistyrene”, Jurnal Teknik Mesin vol. 04, Okt, Hal 15-24, 2015.

Mehdi Moayyedian, Karem Abhary, Romeo Marian,”The Analysis of Short Shot Posibility in Injection Molding Process”, The Internation Journal of Advanced Manufacturing Technology, Jan PP 1-13, 2017.

M. Puji Mimbar Maulana, Cahyo Budiyantoro, Harini Sosiati, “Optimalisasi Parameter Proses Injeksi Pada ABS Recycle Material Untuk Memperoleh Shrinkage Longitudinal dan Transversal Minimum, Jurnal Material dan Proses Manufaktur Vol. 1, Juni, 2017.

I Mawadi, A Jannifar, H Lubis ”Effect of Injection Temperature on Defect Plastic Product”, International Conference on Science and Innovated Engineering, PP 1-6, 2019.

Mochamad Muchid, “Design Molding Microwave Mengatasi Short Shot Produk Injection Plastik, Jurnal Instek, Vol. 4, April, hal 51-60, 2019.

L.D Mahjan, P.N. Ulhe ”Analysis of Injection Molding Process to

Reduced Defect (Short-Shot)”, The Internation Journal of Engineering Technologies and Management Reaserch, Vol. 5, June PP 113-119,

Information
PDF
511 times PDF : 602 times