PENGEMBANGAN APLIKASI SALES TRACK PADA PT. HEXAON BUSINESS MITRASINDO MENGGUNAKAN AGILE DEVELOPMENT METHODS

Muhammad Sigit Ichsan Erwanto
Universitas Gunadarma
Indonesia
Naeli Umniati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Pada penerapan sistem informasi, suatu teknologi merupakan salah satu solusi dalam mengatasi berbagai masalah yang ada di dalam proses bisnis. Teknologi informasi pada suatu perusahaan dalam proses bisnis perlu melakukan perencanaan strategi sistem informasi, dengan begitu perusahaan tersebut dapat lebih unggul dari pesaing serta dapat membantu pihak yang berwenang dalam pengambilan keputusan agar lebih akurat dan tepat mengenai sasaran. Metode yang digunakan penilitian ini adalah Agile Development Methods yang merupakan metode pengembangan sebuah aplikasi berdurasi jangka pendek sehingga suatu proyek lebih cepat bisa rilis, perubahan requirement dapat sering dilakukan, interaksi antara user dengan developer dalam menentukan langkah proyek berikutnya dan kerja sama antar tim. Kesimpulan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi berdurasi jangka pendek dan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada program. Metode ini juga dapat membantu pekerjaan dari seorang project manager untuk menjadi antara tim Developer dengan user sehingga dapat mengurangi terjadinya miss communication antar kedua belah pihak.
Keywords
Agile Development Methods; Aplikasi mobile; Framework Scrum; Sistem Informasi; Software
References

Lobo, “Optimization of Sales and Supply Chain Module,” Journal of Data Mining and Management, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017.

I. Mahendra and D. T. Eby Yanto, “Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Menggunakan Agile Development Methods Pada Bank Bri Unit Kolonel Sugiono,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 13–24, 2018, doi: 10.36378/jtos.v1i2.20.

K. C. Dewi, P. I. Ciptayani, and I. W. R. Wijaya, “Agile Project Management pada Pengembangan E-Musrenbang Kelurahan Benoa Bali,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, p. 723, 2018, doi: 10.25126/jtiik.2018561143.

K. S. Haryana, “Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis Qr-Code,” J. Comput. Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 70–79, 2019.

D. Fernando, A. Anharudin, and F. Fadli, “Rancang Bangun Aplikasi E-Portofolio Hasil Karya Mahasiswa Unsera Menggunakan Metode Scrum,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 5, no. 1, pp. 7–12, 2018, doi: 10.30656/jsii.v5i1.579.

Netsolutions, “The Agile Development Methodology Explained,” Netsolutions. https://www.netsolutions.com/ (accessed Oct. 31, 2020).

Information
PDF
371 times PDF : 320 times