PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS UNTUK TELEMONITORING RUMAH KACA TANAMAN KRISAN

Idris Affandy
https://orcid.org/0000-0001-6740-469X
Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Kusuma Raharja
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pelestarian tanaman krisan pada saat ini masih belum memanfaatkan teknologi dalam memantau keadaan tanaman krisan dan lingkungannya secara otomatis dan real time. Seiring dengan berkembangnya teknologi Internet of Things (IoT), maka internet dapat dimanfaatkan untuk keperluan penyiraman otomatis dan pemantauan secara real time pada pelestarian tanaman krisan. Penggunaan sistem pemantauan tersebut berfungsi untuk mengawasi keadaaan suhu, kelembaban tanah, kelembaban udara dan intensitas cahaya di lingkungan sekitar rumah kaca tanaman krisan. Pada penelitian ini akan menghasilkan alat telemonitoring rumah kaca untuk tanaman krisan. Tahapan penelitian untuk membangun alat ini meliputi perancangan rangkaian alat, perancangan algoritma program menggunakan Arduino IDE dan perancangan tampilan website. Alat ini menggunakan mikrokontroller NodeMCU sebagai komponen pengendali dan sebagai penghubung ke internet. Terdapat 3 sensor yang digunakan yaitu sensor kelembaban tanah YL-69, suhu dan kelembaban DHT11 dan intensitas cahaya BH1750 masing-masing satu sensor. Output yang dihasilkan oleh masing sensor tersebut yaitu pompa, kipas, dan lampu yang dikendalikan menggunakan relay 4 channnel. Penelitian ini telah berhasil memamantau tanaman krisan berdasarkan lampu akan nyala pada intesitas cahaya <300 lux dan otomatis mati pada intesnitas cahaya >300 lux. Motor sebagai pemompa air akan nyala saat kelembaban tanah >700RH dan otomatis mati pada kelembaban tanah <700 RH. Fan kedalam akan nyala saat suhu ruangan >30ºC dan otomatis mati pada suhu ruangan< 30 º. CFan keluar akan nyala saat kelembaban udara >700% dan otomatis mati pada kelembaban udara <700%.

Keywords
Internet of Things; NodeMCU; Tanaman Krisan; Telemonitoring
References

A. D. Prasetyo, “Rancang bangun compact green house berbasis mikrokontroler”, Skripsi, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Surabaya, 2018.

Pustaka Jawatimuran, Bunga krisan diminati banyak negara: potensi Jawa Timur (Edisi 08). Surabaya: Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, 2008.

B. Sudaryanto, Budidaya tanaman krisan. Yogyakarta: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, 2006.

Balai Penelitian Tanaman Hias, Krisan. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian), 2020.

D. S. Mustikawati, “Analisis strategi pengembangan usaha bunga potong krisan,” Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2010.

B. Marwoto, Budidya krisan potong. Jakarta: Direktorat Budidaya Tanaman Hias, 2007. Tersedia: http://hortikultura.litbang.pertanian.go.id

W. K. Raharja dan B. Santoso, “Purwarupa alat telemonitoring keamanan ruangan menggunakan identifikasi sisdik jari berbasis internet of things,” Jurnal Electro Luceat, vol. 6, no. 2, 2020.

H. Nadzif, T. Andrasto, dan S. Aprilia, “Sistem monitoring kelembaban tanah dan kendali pompa air menggunakan arduino dan internet pada tanaman terong,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 11, no. 1, hal. 26 – 30, 2019.

R. Najikh, M. Ichsan, dan W. Kurniawan, “Monitoring kelembaban, suhu, intensitas cahaya pada tanaman anggrek menggunakan ESP8266 dan arduino nano,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, hal. 4607 – 4612, 2018.

Information
PDF
874 times PDF : 855 times