ANALISIS PRODUKTIVITAS PRODUKSI GULA AREN DAN GULA KELAPA DI PT X MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR PRODUCTIVITY MEASUREMENT MODEL (MFPMM)

Bella Novia Laratiwi
Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Tri Mulyanto
Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia
Mohamad Yamin
Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Analisis produktivitas bertujuan untuk mengukur apakah sumber daya yang digunakan dalam proses produksi sudah optimal dalam menghasilkan profitabilitas. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dari penjualan. Analisis produktivitas yang digunakan adalah Multi Factor Productivity Measurement Model (MFPMM) yaitu pengukuran produktivitas dengan mempertimbangkan semua faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, energi dan sebagainya. Analisis produktivitas dilakukan pada PT X yang memproduksi natural sweeteners untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunaan sumber daya produksi sehingga dapat dilakukan langkah selanjutnya guna meningkatkan profitabilitas. Berdasarkan hasil pengolahan data pada variabel input berupa material/bahan baku, tenaga kerja dan energi didapatkan hasil bahwa produksi Gula Aren mengalami penurunan produktivitas dengan penurunan profitabilitas sebesar profitabilitas –Rp. 734.952.749. Tingkat produktivitas Gula Aren di PT X diketahui sebesar 95,56%. Tingkat produktivitas Gula Kelapa di PT X didapatkan sebesar101,88% yang menunjukkan peningkatan dengan profitabilitas Rp. 635.660.145.  

Keywords
MFPMM; Productivity; Profitability
References

Sinungan, Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Efendi, D. Pratiknyo, dan E. Sugiono, Managemen Operasional. Jakarta: LPU-UNAS, 2019.

Blocher, E J, et al. 2007. Management Biaya Penekanan Strategis. Jakarta: Salemba empat.

Gustanto, Suharno dan M. Maksum, “Effects of Output-Input Values on Factory Productivity,” KnE Life Sciences, vol. 3, hal. 183 – 188, 2016.

J. Sumanth, Productivity Engineering and Management. Singapore: McGraw-Hill Companies, 1984.

Information
PDF
578 times PDF : 555 times