RANCANG BANGUN ALAT PENYANGGA MESIN BOR TANGAN

Supriyono Supriyono
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Tri Mulyanto
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Proses gurdi merupakan suatu proses pengikisan dengan daya penyerpihan yang besar. Mesin bor tangan listrik merupakan mesin bor yang metode pengoperasiannya dengan memakai tangan dan wujudnya seperti pistol. Mesin bor tangan listrik rata-rata diperlukan untuk melubangi kayu, tembok ataupun pelat logam. Tujuan perancangan menghasilkan alat penyangga mesin bor tangan yang berfungsi layaknya bor duduk. Metode rancang bangun ini dimulai dengan urutan penentuan daftar kebutuhan, penentuan konsep, perancangan komponen, pembuatan detail gambar teknik, material yang digunakan, pembuatan produk dan uji coba. Dengan penyusunan spesifikasi rancangan alat penyangga mesin bor tangan listrik didapat target yang diharapkan untuk mencapai solusi optimal. Hasil dari rancang bangun setelah dilakukan analisis terhadap pembebanan yang terjadi pada saat pengeboran terhadap dudukan bor tangan, maka tegangan maksimal yang terjadi sebesar 7.901 N/mm2 adalah masih di bawah tegangan yang diijinkan 63.765 N/mm2, sehingga aman untuk digunakan.

Keywords
Alat Penyangga; Bor Tangan; Bor Duduk; Perancangan; Rancang Bangun
References

Rochim, Taufiq, Klasifikasi, Proses, Gaya & Daya Pemesinan (Permesinan), Buku 1, Bandung : Penerbit ITB, 2007.

Guruh, Moch. dan Suyad, “Menentukan Sudut Puncak Mata Bor Pada Proses Drilling Model Strut Propeller”, Jurnal Wave, nol. 7, no. 2, hal.43-48, 2013.

Ansyori A. dan Rudi Saputra, “Pengaruh Diameter Mata Bor Terhadap Tingkat Kehalusan Permukaan Lubang Bor Pada Proses Permesinan Bor Magnesium AZ31”, Jurnal Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung, vol.7, no.1, hal. 7-18, 2019.

Groover, Mikell P, Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and System 4th edition. USA: John Wiley and Sons, 2010.

Fajar, A.N., Indra Safera, Muhammad Hustnusawab, dan Ade Sumpena, “Rancang bangun jig and fixture sebagai pemosisi bor tangan”, Seminar Nasional Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta, hal 175-180, 2019.

Zuliantoni, “Studi Keausan Tepi Pahat Pada Proses Gurdi Menggunakan Analisis Statistik”, Teknosia Jurnal Ilmiah Bidang Sains, vol.2, no. 9, hal. 17-27, 2011.

Harsokoesoemo, D., Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk), Bandung : Penerbit ITB, 2004.

Sularso dan Kiyokatsu Suga, Dasar-dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke 9, Jakarta : Pradnya Paramita, 1977

Information
PDF
4692 times PDF : 7299 times