SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: PENENTUAN INTERNET SERVICE PROVIDER DI LINGKUNGAN JARINGAN RUMAH)

Meineka Iswan Hadi Saputra
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Nurma Nugraha
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Penyedia jasa internet berkompetisimenawarkan berbagai layanan paket internet, menyebabkan para calon konsumen kesulitan dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. Konsep sistempendukung keputusan dapat diterapkan sebagai alat bantu menentukan penyediajasa internet paling ideal sebagai jaringan nirkabel di lingkungan area rumah. Salahsatu metode yang relevan serta memiliki perhitungan nilai konsistensi dalammenentukan tingkat prioritas kriteria adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP).Penelitian ini bertujuan membangun website Sistem Pendukung Keputusanmenggunakan metode AHP dengan studi kasus penentuaninternet service provider di lingkungan jaringan rumah. Hasil keputusanyang diperolehnantinya dapat memberikan minat positif dengan berbagai kriteria yangdipertimbangkan kepada para calon konsumen. Penelitian ini membahas perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan pengujianpembuatan aplikasi website dengan bahasa pemrograman PHP dan basis dataMySQL. Hasil penelitian menunjukkan nilai rasio konsistensi 0.0794 yang berarti kurang dari nilai rasio konsistensi yang digunakan dalam metode AHP yaitu 0.1,sehingga hasil perhitungan tersebut valid, dan dapat digunakanHasil akhir dari aplikasi ini memberikan dukungan keputusan bahwaIndiHome merupakan provider paling ideal untuk digunakan pada jaringannirkabel di area lingkungan area rumah dengan nilai (0,218531) diikuti dengan FirstMedia (0,192079), CBN (0,166819), Biznet Home (0,157438), My Republic(0,147877) dan MNC Play (0,117257). Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan prioritaskriteria dan alternatif menggunakan metode AHP.

Keywords
Analytical Hierarchy Process (AHP); Internet Service Provider; MySQL; PHP; Sistem Pendukung Keputusan
References

W. S. Jatiningrum, S.T.Anwariah, A. P. Ruminda, danR.P.Tama, “Analytical hierarchy process dalam pemilihan operator seluler untuk paket internet mahasiswa teknik industri Universitas Ahmad Dahlan,”Prosiding SNST ke-10, 2019,hal. 7– 12.

A. Chamid,B. Surarso, dan Farikhin, “Implementasi metode AHP dan promethee untuk pemilihan supplier,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis,vol. 5, no. 2, Mei, hal. 13– 20, 2015.

N. Komalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang (SPK2T),” Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, vol. 4, no. 1, 2014.

T. L. Saaty, “Decision making with the analytical hierarchy process,”International Journal Services Sciences, vol. 1, no. 1, hal. 83– 98, 2008.

M. Bernasconi, C. Choirat, dan R. Seri,“The analytic hierarchy process and the theory of measurement,” Management Science, vol. 56, no. 4, hal. 699–711,

R. Umar, A.Fadlil, dan Yuminah. “Sistem pendukung keputusan dengan metode AHPuntuk penilaian kompetensi soft skill karyawan,”Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4,no. 1, hal. 27– 34,2018.

A. E. Munthafadan Mubarok,“Penerapan metode analytical hierarchy process dalam sistem pendukung keputusan penentuan mahasiswa berprestasi,”Jurnal Siliwangi, vol.3,no.2,hal. 193– 201, 2017.

R. Rizaldi,“Penentuan operator kartu seluler terbaik menggunakan metode AHP (analytical hierarchy process),”Jurnal Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1,hal. 67–73. 2017.

Information
PDF
4611 times PDF : 17558 times