KOMBINASI LOGISTIC MAP DAN PSEUDO-RANDOM NUMBER GENERATOR PADA PEMBANGKITAN KUNCI UNTUK ENKRIPSI CITRA DIGITAL

Rini Arianty
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Diana Tri Susetianingtias
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Informasi berbentuk gambar yang bersifat sensitif atau rahasia, seperti data pribadi, dokumen penting yang dikirimkan melalui internet belum tentu aman dari serangan pihak luar. Kerugian yang cukup besar dapat ditimbulkan apabila data tersebut diakses dan dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satu metode dalam mengamankan suatu informasi adalah kriptografi. Logistic map adalah salah satu algoritma chaos yang sering digunakan dalam kriptografi citra karena algoritma ini mampu menghasilkan deretan bilangan acak yang kompleks dengan persamaan polinomial rekursif yang sederhana. Pada penelitian ini, akan diimplementasikan algoritma chaos logistic map dan pseudo-random number generator (PRNG) dalam pengenkripsian citra. Citra input akan diubah bentuknya kedalam array lalu proses difusi dilakukan secara selektif dengan mensubstitusi 4 bit MSB setiap nilai warna citra dengan kunci logistic map. Hasil difusi tersebut akan dikonfusi dengan cara mensubstitusikan indeks arraynya dengan kunci prng sehingga didapat sebuah array baru yang teracak indeksnya. Array tersebut diubah kembali menjadi sebuah citra sehingga didapat citra terenkripsi yang aman.
Keywords
Difusi; Konfusi; Kunci; Logistic Map; Pseudo-Random Number Generator
References

N. P. Smart, Cryptography Made Simple, New York: Springer International Publishing, 2016.

H. Delfs dan H. Knebl , Introduction to Cryptography (Principles and Applications), Berlin: Springer-Verlag, 2015

A.G. Radwan, “ On some generalized discrete logistic maps,” Journal of Advanced Research, vol.4, no. 2, hal. 163–171, 2013.

M. Berezowski dan M. Lawnik, “Identification of fast-changing signals by means of adaptive chaotic transformations,” Nonlinear Analysis: Modelling and Control, vol. 19, no. 2, hal. 172–177, 2014.

R. Munir, Diktat Kuliah IF5054 “Kriptografi,” Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung, 2006

R. Sujarani, dan D. Manivannan, (). A Secure Image Cryptosystem Using 2D Arnold Cat Map and Logistic Map. International Journal of Pharmacy & Technology, vol. 8, no. 4, hal. 25173-25182, 2016.

A. Bhagat, A. Surve, S. Kalgutkar, dan A. Waghmare, “ Chaos Based Image Encryption and Decryption,” International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), vol. 3, hal. 1440–1445, 2016.

J. Yu, Y. Li, X. Xie, dan N. Zhou, “ Image encryption algorithm by using the logistic map and discrete fractional angular transform,” Optica Applicata, vol. XLVII, no. 1, hal. 141–155, 2017.

L. Liu, dan S. Miao, “ A new image encryption algorithm based on logistic chaotic map with varying parameter,” SpringerPlus, vol. 5, no. 289, hal. 1–12, 2016.

G. Zhang, W. Ding, dan L. Li, “ Image Encryption Algorithm Based on Tent Delay-Sine Cascade with Logistic Map,” Symmetry, vol. 12, no. 3, hal. 1 – 14, 2020.

Information
PDF
814 times PDF : 336 times