RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH TINGGAL MENGGUNAKAN E-KTP DAN MAGNETIC DOOR LOCK BERBASIS ATMEGA328

Imelda U. V. Simanjuntak
Program Studi Teknik Elektro Universitas Mercu Buana Jakarta
Indonesia
Agung Y. Basuki
Program Studi Teknik Elektro Universitas Mercu Buana Jakarta
Indonesia
M. Ridlon
Program Studi Teknik Elektro Universitas Mercu Buana Jakarta
Indonesia

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan mendorong angka kiminalitas pun meningkat. Hal ini terlihat dengan maraknya pembobolan rumah dan semacamnya. Pada saat ini keamanan rumah masih menggunakan sistem penguncian manual yaitu dengan menggunakan kunci konvensional yang mudah digandakan.  Oleh karena itu, dibutuhkan sistem keamanan rumah, dimana yang dapat mengakses dan membuka pintu tersebut hanya orang-orang tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pengaman pintu otomatis yang menggunakan e-KTP sebagai kuncinya. Alat ini mengunakan RFID reader RC522 yang berfungsi sebagai pembaca data e-KTP yang kemudian data tersebut diproses oleh ATmega328. Bila hasil pemrosesan data tersebut cocok, maka magnetic door lock akan diaktifkan melalui driver relay. Sistem pengaman ini dilengkapi dengan sensor magnetic MC 38 yang bekerja sebagai pendeteksi apabila pintu rumah dibuka secara paksa sehingga buzzer akan berbunyi sebagai tanda peringatan. Sistem pengaman pintu rumah tinggal ini memiliki kemampuan pembacaan modul RFID terhadap e-KTP dengan jarak maksimal sebesar 2.2 cm. Modul RFID reader tidak akan bisa bekerja bila dihalangi material berbentuk logam. Apabila pintu dibuka secara paksa, maka sensor magnetic MC38 aktif dan menngaktifkan alarm berupa buzzer dan lampu.

Keywords
Arduino Uno; ATMEGA328; Magnetic Door Lock; Magnetic Sensor mc 38; RFID Reader RC522
References

Badan Pusat Statistik, “Badan Pusat Statistik Pengangguran Banten,” bps.Go.Id, 2014.

A. G. Ramakumbo, “Magnetic door lock menggunakan kode pengaman berbasis ATmega 328,” Proyek Akhir, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.

D. Suyoko, “Pengaman pintu rumah menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) 125 khz berbasis mikrokontroler ATmega328,” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.

E. Saputro dan H. Wibawanto, “Rancang bangun pengaman pintu otomatis menggunakan e-KTP berbasis mikrokontroler Atmega328,” Jurnal Teknik Elektro, vol. 8, no. 1, hal. 1 – 4, 2016.

S. Siswanto, G. P. Utama, dan W. Gata, “Pengamanan ruangan dengan Dfrduino Uno R3, sensor Mc-38, pir, notifikasi sms, twitter,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 2, no. 3, hal. 697 – 707, 2018.

A. Giyartono dan P. E. Kresnha, “Aplikasi Android pengendali lampu rumah berbasis mikrokontroler Atmega328,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Nov., hal. 1 – 9, 2015.

R. H. Suki, Nurussa’adah, dan A. Zainuri, “Implementasi RFID sebagai pengaman pada sepeda motor untuk mengurangi tindak pencurian,” Jurnal Mahasiswa TEUB, vol. 2, no. 7, hal. 1 – 5, 2014.

F. F. Iman, “Purwarupa smart door lock menggunakan multi sensor berbasis sistem Arduino,” Skripsi, Universitas Teknologi Yogyakarta, 2018.

T. Novianti, “Rancang bangun pintu otomatis dengan menggunakan RFID,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, vol. 6, no. 1, hal. 1 – 6, 2019.

Information
PDF
1988 times PDF : 2020 times