APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN HOTEL MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS

Amalia Zati Atsari
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Dewi Putrie Lestari
Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma
Indonesia
Ilmiyati Sari
Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kota Bandung yang dijuluki sebagai kota kembang menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat lokal. Kota ini menawarkan beragam destinasi wisata mulai dari wisata kuliner, wisata belanja dan wisata alam. Masyarakat yang berkunjung ke Kota Bandung tentunya membutuhkan tempat penginapan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Akan tetapi, jumlah hotel di Kota Bandung ada sekitar ± 2.656 hotel. Hal ini membuat masyarakat yang ingin berkunjung ke Kota Bandung menjadi bingung dalam menentukan hotel mana yang layak untuk ditempati sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, untuk membantu pengguna dalam melakukan pemilihan hotel di Kota Bandung maka dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan hotel di Kota Bandung berbasis website dengan menggunakan metode Analytic Network Process yang dinamakan dengan SPKHotel Kota Bandung. Tahapan pembuatan aplikasi ini meliputi perancangan tampilan, pembuatan database menggunakan MySQL, pembuatan kode program menggunakan pemrograman PHP, dan uji coba. Berdasarkan uji coba SPKHotel Kota Bandung menggunakan metode Blackbox melalui tiga browser yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera Browser didapatkan seluruh fungsi menu yang tersedia dalam SPKHotel Kota Bandung berhasil sesuai dengan fungsinya, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembuatan SPKHotel Kota Bandung telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords
Analytic Network Process; Hotel Kota Bandung; PHP; Sistem Pendukung Keputusan; Website
References

Primanda. “Kota Bandung”, April, 2020. [Daring]. Tersedia: http://humas.bandung.go.id. [diakses 30 April 2020].

R. Gustriansyah, “Sistem pendukung keputusan pemilihan dosen berprestasi dengan metode ANP dan TOPSIS”, pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2016, hal. 33-40.

P.O. Rahmanda, “Implementasi metode analytic network process pada sistem pendukung keputusan penentuan penerima beasiswa di Rumah Amal Lazis Unnes”, Jurnal Ilmu Komputer, 2017.

Y. Handayani, “Sistem pendukung keputusan menentukan prioritas kelayakan pemberian kredit menggunakan metode ANP (analytic network process)”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2011.

I. Novi, ‘Sistem penunjang keputusan & metodenya”, April, 2014. [Daring]. Tersedia: http://indrinovii.blogspot.com/2014/04/pengertian-sistem-penunjang-keputusan.html [diakses 2 Maret 2020].

E. Rohadi, “Implementasi web crawler dan perangkingan data hotel meng-gunakan metode ANP”, Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1, hal. 81-86, 2017.

A. I. Nurcahyani, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel di Kota Semarang Berbasis Web dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), Semarang: Universitas Diponegoro, 2017.

Arisandi, “Sistem penunjang keputusan pemilihan hotel di Kota Kendari menggunakan metode fuzzy tahani berbasis web”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 2, No. 1, hal. 331-340, 2016.

F. Zahra, B.H. Purnomo, dan N. Kuswardhani, “Penerapan metode ANP (analytic network process) dalam rangka seleksi pemasok daun tembakau Na-Oogst Di koperasi agro bisnis tarutama Nusantara-Jember”, Jurnal Teknologi Industri Pertanian (AGROINTEK), Vol. 9, No. 1, hal. 9-23, 2015.

A. P. Mahardika, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process Pada Website Penilaian Kinerja Asisten Integrated Laboratory (ILAB)”, Penulisan Ilmiah, Universitas Gunadarma, 2018.

M. Edni, “Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik menggunakan metode analytic network process (ANP)”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2013.

Information
PDF
861 times PDF : 867 times