ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET BERBASIS WIRELESS PADA LAYANAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) INDIHOME DAN FIRST MEDIA

Priska Restu Utami
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Untuk menjamin komunikasi internet yang stabil dan baik diperlukan layanan internet yang mumpuni. Tentunya semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula informasi dapat diakses dari internet. Quality of Service (QoS) mengacu pada kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada trafik jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda-beda. Pada penelitian ini membandingkan QoS jaringan layanan Internet Service Provider (ISP) antara Indihome dan First Media. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan performa layanan jaringan antara kedua ISP tersebut dengan menggunakan parameter QoS yaitu parameter throughput, packet loss dan delay. Pada penelitian ini dilakukan uji coba jaringan dengan melakukan remote Desktop menggunakan aplikasi team viewer. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada setiap parameter QoS yang telah dilakukan selama 40 menit, didapat rata-rata nilai throughput untuk ISP Indihome 65 kbps dan ISP First Media 42,5 kbps, di mana kedua ISP tersebut dikategorikan buruk. Untuk parameter packet loss dikategorikan buruk untuk ISP First Media dengan rata-rata nilai 31,82% tetapi dikategorikan baik pada selang waktu antara 20 menit sampai 40 menit dengan rata-rata nilai 10,46% untuk ISP Indihome. Lama delay untuk kedua ISP dikategorikan sangat baik yakni dengan rata-rata nilai 24,4 ms untuk ISP Indihome dan 36,85 ms untuk ISP First Media. Berdasarkan rata-rata nilai parameter QoS pada layanan internet Indihome memiliki rata-rata indeks 2 yang artinya lebih baik dibandingkan dengan layanan internet First Media yang memiliki rata-rata indeks 1,67.

Keywords
Delay; ISP; Packet Loss; QoS; Throughput
References

Top Brand Award, “Top brand index fase 1,” 2020 [Daring]. Tersedia: https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=IndiHome. [Diakses: 6 September 2020]

E. Budiman, “Analisis spasial data jaringan internet service provider di kecamatan Sungai Pinang kota Samarinda berbasis mobile,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol 8, no. 1, 2016.

R. Wulandari, “Analisis QoS (Quality of Service) pada jaringan internet (studi kasus: Upt Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI),” Jurnal Teknik Informatika Sistem Informasi, vol. 2, no.2, hal. 162 – 172, 2016.

E. Ryanti, Class Lecture, Topic: “Quality of Service,” Sistem Telekomunikasi Prodi S1 Informatika, ST3 Telkom Purwokerto, 2016. [Daring]. Tersedia: https://emiiryanti.dosen.ittelkom-pwt.ac.id/wp-content/uploads/sites/24/2016/09/Week-6_Quality-of-Service.pdf. [Diakses: 12 April 2020]

A. N. W. Wardhana, M. Yamin, dan LM. F. Aksara, “Analisis Quality of Service (QoS) jaringan internet berbasis wireless LAN pada layanan Indihome,” semanTIK, vol.3, no.2, hal. 49 – 58, 2017.

A. Fauzi, “Analisis kualitas transmisi data pada e-learning streaming multimedia dengan Quality of Service (QoS) di PT Graha Service Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi (SNITek), 2019, hal. 93 – 106.

Tutorial Jaringanku, “Perbedaan Point to Point (PTP) dan Point to Multipoint (PTMP) pada jaringan wireless,” 2020. [Daring]. Tersedia: https://www.tutorialjaringan.com/2019/02/perbedaan-point-to-point-dan-point-to-multipoint.html. [Diakses: 15 September 2020]

R. Azhar, “Analisa QoS pada jaringan site to site VPN menggunakan protocol SSTP,” Proceeding Seminar Nasional TIK dan Ilmu Sosial, vol.1, no.1, 2017, hal. 52 – 60.

Tiphon, “Telecommunication and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General Aspect of Quality of Service (QoS),” DTR/TIPHON-05006 (cb0010cs.PDF),1999.

Information
PDF
7174 times PDF : 12023 times