IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PAKET DATA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Suhandio Handoko
orcid
https://orcid.org/0000-0003-1761-5557
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia
Fauziah Fauziah
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia
Endah Tri Esti Handayani
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional
Indonesia

Abstract

Perkembangan industri telekomunikasi saat ini sangat pesat karena telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat sehingga banyak perusahaan yang bergerak di industry telekomunikasi. Banyaknya industry Telekomunikasi menuntut para pengembang untuk menemukan strategi atau suatu pola yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk, salah satu strateginya adalah dengan memanfaatkan data transaksi. Paket data merupakan produk dibidang telekomunikasi. Proses Clustering saat ini masih di lakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu, proses perhitungan dan ketelitian yang tinggi. Pada penelitian ini dibuat aplikasi berbasis website dengan tujuan untuk mempermudah Clustering data sehingga dapat digunakan sebagai referensi dalam perencanaan promosi produk telkomsel ke berbagai daerah. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu metode Clustering dengan menggunakan Algoritma K-Means. Algoritma K-Means merupakan algoritma pengelompokkan sejumlah data menjadi menjadi kelompok-kelompok data tertentu. Pada penelitian ini data penjualan dikelompokkan menjadi 3 yaitu data penjualan rendah, data penjualan sedang dan data penjualan tinggi. Pengujian clustering dengan algoritma K-Means pada aplikasi terhadap data transaksi penjualan paket telkomsel diperoleh persentase kesesuaian yaitu 100% dibandingkan dengan clustering manual.

Keywords
Algoritma, Clustering, K-Means, Penjualan
References

S. Mulyati, “Penerapan data mining dengan metode clustering untuk pengelompokan data pengiriman burung,” Dalam Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Teknologi Komputer, 2015, vol. 1, hal. 30 – 35.

S. P. Tamba, F. T. Kesuma, dan Feryanto, “Penerapan data mining untuk menentukan penjualan sparepart Toyota dengan menggunakan metode K-means clustering,” Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima, vol. 2, no. 2, hal. 67 – 72, 2019.

E. Muningsih dan S. Kiswati, “Penerapan metode K-means untuk clustering produk online shop dalam penentuan stok barang,” Jurnal Bianglala Informatika, vol. 3, no. 1, hal. 10 – 17, 2015.

D. N. Nango, “Penerapan algoritma K-Means untuk clustering data anggaran pendapatan belanja daerah di Kabupaten XYZ,” Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 2012.

B. Santosa, Data mining (Teknik pemanfaatan data untuk keperluan bisnis). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

T. Kodinariyah, P. Makwana. (2013). Review on determining number of Cluster in K-Means Clustering. Volume 1, Issue 6, November. ISSN: 2321-7782 (Online).

Information
PDF
11956 times PDF : 6997 times