RANCANG BANGUN AGROBOT-II: ROBOT EDUKASI PENANAM BENIH TANAMAN PADI DENGAN KENDALI JARAK JAUH

Sandy Suryo Prayogo
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Yogi Permadi
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Tubagus Maulana Kusuma
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pertanian konvensional yang mengalami penurunan baik dari jumlah petani dan hasil panennya berdampak pada penurunan ketersediaan pangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka teknologi otomasi di bidang pertanian perlu dikembangkan, terutama untuk menarik minat generasi muda terhadap bidang pertanian. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dirancang dan dibangun sebuah robot pertanian untuk keperluan edukasi dalam hal otomasi tanam dan panen tanaman padi yang diberi nama Agrobot-II. Robot ini dikendalikan dari jarak jauh dari perangkat telepon cerdas ataupun perangkat tablet berbasis Android untuk melakukan proses tanam dan panen tanaman padi yang juga dilengkapi dengan kamera sebagai alat bantu penglihatan bagi pengoperasi robot. Robot dibangun dengan menggunakan platform pengendali mikro (microcontroller) Arduino yang terhubung melalui komunikasi nirkabel bluetooth kepada sistem kendalinya, serta komunikasi nirkabel WiFi untuk menghubungkan pengendali dengan kamera pada robot. Hasil pengujian terhadap fungsi robot telah berhasil dilakukan, yaitu dari proses tanam, pencabutan gulma, dan panen. Selain itu, pengujian terhadap jarak kendali maksimum menggunakan komunikasi bluetooth yaitu pada jarak 16 meter telah berfungsi dengan baik tanpa adanya delay. Selanjutnya jarak maksimum kamera dapat tetap melakukan streaming ke perangkat Android yaitu pada jarak 15 meter, dimana terjadi delay setelah melewati jarak 8 meter. Tingkat keberhasilan rata-rata penanaman padi yaitu 90% dan rata-rata keberhasilan melakukan panen adalah 70% dari gabungan dua jenis skema, yaitu manual dan otomatis.

Keywords
arduino; nirkabel; otomasi; pertanian; robot
References

CNN ID, “Jumlah petani berkurang, tingkat pengangguran di desa naik,” com, 5 May 2018. [Daring]. Tersedia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20181105141729-532-344096/jumlah-petani-berkurang-tingkat-pengangguran-di-desa-naik. [Diakses 9 April, 2020].

T. Duckett, S. Pearson, S. Blackmore, dan B. Grieve, “Agricultural robotics:the future of robotic agriculture,” UK-RAS Robotics and Autonomous System White papers, 2018. [Daring]. Tersedia: https://www.n8agrifood.ac.uk/media/dx-tile/Future-of-robotics-agriculture-1.pdf. [Diakses 9 April, 2020]

R. R. Shamshiri, C. Weltzien, I. A. Hameed, J. Yule, T. E. Grift, S. K. Balasundram, L. Pitonakova, D. Ahmad, dan G. Chowdhary, “Research and development in agricultural robotics: A perspective of digital farming,” International Journal of Aggriculture and Biology Engineering, vol. 11, no. 4, hal. 1 – 14, 2018.

M. D. I. Sujon, R. Nasir, M. M. I. Habib, M. I. Nomaan, J. Baidya, dan M. R. Islam, “Agribot: Arduino controlled autonomous multi-purpose farm machinery robot for small to medium scale cultivation,” IEEE International Conference on Intelligent Autonomous Systems, Oct. 2019, hal. 155 – 159.

A. R. Septiadi dan S. Amri, “Rancang bangun dan analisa robot tematik simulasi pertanian dengan kendali wireless,” Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia dan Jaringan, vol. 4, no. 1, Jun., hal. 15 – 20, 2019.

Kodulario, “Kodular companion”, play.google.com, 5 April 2020. [Daring]. Tersedia: https://play.google.com/store/apps/details?id=io.makeroid.companion&hl=en. [Diakses: 10 April 2020].

Ai-Thinker, “ESP-32 CAM module,” Shenzen Ai-Thinker Technology Co.,

R. Sanros, “ESP32-CAM video streaming web server (works with home assistant),” randomnerdtutorials.com, 28 Maret 2019. [Daring]. Tersedia: https://randomnerdtutorials.com/esp32-cam-video-streaming-web-server-camera-home-assistant/. [Diakses: 9 April 2020].

L. Xin, E. Hwang, dan S. Mok, “HC-06 product data sheet,” Guangzhou HC Information Technology Co., 2011. [Daring]. Tersedia: http://silabs.org.ua/bc4/hc06.pdf. [Diakses: 9 April 2020].

Information
PDF
2292 times PDF : 2471 times