PENERAPAN METODE STATISTICAL PROSES CONTROL (SPC) DALAM MENGIDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB UTAMA KECACATAN PADA PROSES PRODUKSI PRODUK ABC

Nanih Suhartini
Program Studi Teknik Industri, Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Produk ABC merupakan salah satu produk yang banyak digunakan oleh konsumen karena memiliki konstruksi yang lebih aman, nyaman untuk digunakan. Akan tetapi, jumlah kecacatan produk ABC lebih banyak dari tipe produk lainnya. Berdasarkan data dari bagian pengendalian kualitas PT. XYZ menunjukan bahwa produk ABC memiliki hasil akhir yang tidak sesuai dengan standar dan kualitas yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis cacat yang sering terjadi dan mengidentifikasi faktor penyebab utama kecacatan yang terjadi pada produk ABC menggunakan metode SPC. Ada tujuh alat yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor penyebab utama kecacatan pada proses produksi produk ABC. Tujuh alat tersebut terdiri dari lembar periksa, diagram pareto, diagram sebab akibat, diagram pencar, diagram alir, histogram, dan peta kendali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecacatan pada produk ABC yang paling sering terjadi yaitu blister inner linner bead. Faktor-faktor yang menyebabkan kecacatan pada produk ABC terjadi karena faktor metode, faktor mesin, faktor lingkungan, dan faktor manusia.

Keywords
Faktor Penyebab Cacat, Kualitas Produk, Metode SPC, Peta Kendali, Produk cacat
References

D. Bedworth dan J. E. Bailey, Integrated Production Control Systems: Management, Analysis, Design. New York: John Wiley & Sons Inc., 1982.

D. W. Ariani, Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 1999.

C.Montgomery, Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1991.

I. Hasan, Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Kartika, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk CPE Film Dengan Metode Statistical Process Control pada PT. MSI,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 1, no.1, hal. 50 – 58, 2013.

Yudianto, L. Parinduri, dan B. Harahap, “Penerapan Metode Statistical Process Control dalam Mengendalikan Kualitas Kertas Bobbin (Studi Kasus: PT. Pusaka Prima Mandiri),” Buletin Utama Teknik, v 14, no. 2, hal. 106 – 111, 2019.

Devani dan F. Wahyuni, “Pengendalian Kualitas Kertas dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI), vol. 15, no. 2, hal. 87 – 93, 2016.

I. B. Suryaningrat, Novijianto, dan N. Faidah, “Application of Statistical Process Control (SPC) Method on Cocoa Beans Processing,” Jurnal Agroteknologi, vol. 9, no. 1, hal. 45 – 53, 2015.

Information
PDF
6832 times PDF : 14063 times