KESEIMBANGAN LINI PERAKITAN PRODUK IRON TIPE HD-1172 MENGGUNAKAN METODE HEURISTIK PADA LINE MAIN ASSY IRON DI PT. SELARAS CITRA NUSANTARA PERKASA

Muhamad Andi
Jurusan Teknik industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Syarifuddin Nasution
Jurusan Teknik industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas sering mengalami kendala pada proses perakitan. Kendala yang sering dialami pada proses perakitan yaitu beban kerja yang tidak merata disetiap stasiun kerja dan waktu menganggur yang tinggi. Pada penelitian ini dilakukan penyeimbangan lini produksi menggunakan metode heuristik pada line main assy iron di PT. Selaras Citra Nusantara Perkasa. Hasil identifikasi menggunakan metode Ranked Positional Weight didapatkan jumlah stasiun kerja menjadi 9 stasiun kerja dengan 9 orang operator. Nilai efisiensi lintasan sebesar 98% dan nilai balance delay sebesar 2% serta nilai smoothness index sebesar 5,58. Hasil metode Kilbridge Wester didapatkan jumlah stasiun kerja menjadi 8 stasiun kerja dengan 8 orang operator. Nilai efisiensi lintasan sebesar 99% dan nilai balance delay sebesar 1% serta nilai smoothness index sebesar 6,21. Hasil metode Largest Candidate Rule didapatkan jumlah stasiun kerja menjadi 9 stasiun kerja dengan 9 orang operator. Nilai efisiensi lintasan sebesar 98% dan nilai balance delay sebesar 2% serta nilai smoothness index sebesar 5,58. Pengolahan data berdasarkan ketiga metode tersebut dapat dikatakan sangat baik. Terdapat hasil yang sama dari metode ranked positional weight dan metode largest candidate rule yaitu nilai efisiensi lintasan, balance delay dan smoothness index yang masing-masing memiliki nilai sebesar 98%, 2% dan 5,58.

Keywords
Keseimbangan Lini, Line Main Assy Iron, Proses Produksi
References

V. Gaspersz, Operation planning and inventory control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.

A. H. Nasution, Perencanaan dan pengendalian produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

S. Hartini, Teknik mencapai produksi optimal. Bandung: CV. Lubuk Agung, 2011.

Saiful, Mulyadi, dan T. M. Rahman, “Penyeimbangan lintasan produksi dengan metode heuristik (studi kasus PT XYZ Makassar),” Jurnal Teknik Industri, vol. 15, no. 2, hal. 182 – 190, 2014.

H. K. Salim, K. Setiawan, dan L. P. S. Hartanti, “Perancangan keseimbangan lintasan produksi menggunakan pendekatan simulasi dan metode ranked positional weights,” Jurnal Teknik Industri, vol. xi, no. 1, hal. 53 – 60, 2016.

S. Batubara dan F. Nuradhi, “Penyeimbangan perakitan menggunakan generic algorithm untuk meningkatkan kapasitas produksi,” Jurnal Teknik Industri, vol. 7 no. 2, hal. 105 – 118, 2017.

A. H. Halim, Perencanaan dan pengendalian produksi: keseimbangan lintasan. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2003.

Information
PDF
1615 times PDF : 2609 times