APLIKASI SIMULASI EVAKUASI GEMPA DAN KEBAKARAN DENGAN TEKNIK VIRTUAL REALITY BERBASIS ANDROID

Alfan Fadhila Arrahman
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Dewi Putrie Lestari
Pusat Studi Komputasi Matematika Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Gempa dan kebakaran yang terjadi di dalam gedung merupakan gangguan serius dan dapat menyebabkan banyak korban jiwa jika tidak mengetahui metode penyelamatan diri. Salah satu cara memberikan informasi penyelamatan diri yang menarik yaitu melalui simulasi Virtual Reality (VR). Pada penelitian ini dibuat aplikasi simulasi evakuasi gempa dan kebakaran dengan teknik Virtual Reality berbasis Android dengan nama aplikasi virtual reality RITB (Recsue in The Building). Aplikasi RITB dibuat menggunakan Unity 2017.4.3f1 dan algoritma Collision Detection yang melakukan pendeteksian tabrakan antar objek, sehingga objek dapat bereaksi dan tidak hanya menembus satu sama lain. Simulasi 3D berbasis VR yang dihasilkan memberikan kesan immersion atau pengguna dapat merasakan ada di sebuah lingkungan nyata meskipun sesungguhnya fiktif. Aplikasi virtual reality RITB hanya bisa dijalankan pada ponsel Android yang memiliki sensor Gyroscope dan teknologi Bluetooth. Selain itu, aplikasi virtual reality RITB hanya dapat dinikmati dengan menggunakan VR headset dan bluetooth controller. Berdasarkan uji coba aplikasi menggunakan metode blackbox testing diperoleh hasil bahwa semua fungsi pada button berjalan sesuai dengan rancangan aplikasi. Spesifikasi minimum untuk menjalankan aplikasi virtual reality RITB adalah smartphone yang memiliki OS Android v4.4 Kitkat dan mempunyai RAM minimal 2 GB. Semakin tinggi spesifikasi smartphone yang digunakan semakin baik performa aplikasi yang dihasilkan.

Keywords
Android, Collision Detection, Immersion, Simulasi Evakuasi Gedung, Unity, Virtual Reality
References

J. Umbaran, Pengertian, Metode, dan Jenis-Jenis Simulasi. Jakarta: Academia, 2018.

P. R. Jeffries, “A framework for designing, implementing and evaluating simulations used as teaching strategies in nursing” Nursing Education Perspectives, vol. 26, no. 2, hal. 96 – 103, 2005.

BNPB, Buku pedoman latihan kesiap-siagaan bencana, membangun kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Jakarta: BNPB, 2017.

E. K. Nesamalar dan G. Ganesan, “An introduction to virtual reality techniques and it’s application,” International Journal of Computing Algorithm, vol. 1, no. 2, hal. 59 – 62, 2012.

M. L. Famukhit, Maryono, L. Yulianto, dan B. E. Purnama, “Interactive application development policy object 3D virtual tour history pacitan district based multimedia,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), vol. 4, no. 3, hal. 15 – 19, 2013.

S. Idwar, “Game 3D simulasi penanggulangan dan evakuasi kebakaran di Politeknik Negeri Batam (game desain),” Skripsi, Politeknik Negeri Batam, Batam, 2014.

W. D. Wenno, S. R. Sentinuwo, dan A. M. Sambul, “Pemodelan dan simulasi pedestrian untuk evakuasi bencana pada kawasan boulevard manado menggunakan model cellular automata” E-Journal Teknik Informatika, vol. 9, no. 1, hal. 1 – 7, 2016.

M. Adhitya, “Aplikasi multimedia cara penanggulangan bencana untuk anak-anak (studi kasus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat),” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), hal. 45 – 54, 2014.

Information
PDF
1158 times PDF : 1922 times