PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI BUBUK CABAI DENGAN METODE FUZZY MAMDANI BERDASARKAN PERKIRAAAN PERMINTAAN PADA PT GANESHA ABADITAMA

Intan Puspita Sari
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

PT Ganesha Abaditama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam proses pengolahan rempah-rempah dan bumbu dengan salah satu produk yang dihasilkan ialah bubuk cabai. PT Ganesha Abaditama mengalami suatu permasalahan dalam menentukan jumlah produksi, dikarenakan suatu ketidakpastian jumlah permintaan disetiap periode waktunya. Oleh karena itu, perencanaan jumlah produksi pada perusahaan tersebut sangat diperlukan. Pada penelitian ini perencanaan jumlah produksi bubuk cabai dilakukan berdasarkan perkiraan permintaan dan jumlah persediaan pada PT Ganesha Abaditama. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah produksi bubuk cabai ialah dengan menerapkan metode fuzzy mamdani. Berdasarkan hasil penelitian maka untuk dapat mengetahui berapa jumlah produk bubuk cabai yang harus diproduksi perusahaan, terlebih dahulu melakukan suatu perhitungan peramalan permintaan dari data historis dalam kurun waktu 12 bulan terakhir dengan menggunakan beberapa metode kuantitatif dengan time series. Penentuan jumlah produksi untuk periode berikutnya menggunakan data peramalan permintaan serta data persediaan. Jumlah permintaan produk bubuk cabai bulan Juli 2017 sebesar 7.228,137 kg, dengan jumlah persediaan produk cabai pada bulan atau periode sebelumnya Juni 2017 sebesar 10.656 kg sehingga jumlah produksi produk bubuk cabai dengan menggunakan metode fuzzy mamdani ialah sebesar 6.190 kg.

Keywords
Bubuk Cabai, Jumlah Produksi, Metode Fuzzy Mamdani
References

S. Assauri, Manajemen produksi dan operasi. Jakarta: LPFEUI, 2008.

N. E. Zendrato, O. Darnius, dan P. Sembiring, “ Perencanaan jumlah produksi mie instan dengan penegasan (defuzzifikasi) centroid fuzzy mamdani (studi kasus: jumlah produksi indomie di PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk Tanjung Morawa),” Saintia Matematika, vol. 2, no. 2, hal. 115 – 126, 2014.

A. L. Sawargo, dan S. Mundari, “Perencanaan produksi untuk memenuhi permintaan dengan biaya yang optimal,” Jurnal Teknik Industri HEURISTIC, vol.11, no. 2, hal. 11 – 24, 2014.

M. Anis, S. Nandiroh, dan A. D. Utami, “Optimasi perencanaan produksi dengan metode goal programming,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 5, no. 3, hal. 133 – 143, 2007.

M. Abrori dan A. H. Prihamayu, “Aplikasi logika fuzzy metode mamdani dalam pengambilan keputusan penentuan jumlah produksi,” Kaunia, vol. 11, no. 2, hal. 91 – 99, 2015.

Information
PDF
833 times PDF : 1437 times