PROTOTIPE SISTEM PERINGATAN DINI BANJIR BERBASIS PLC OMRON DAN ARDUINO UNO SEBAGAI SMS GATEAWAY

Arif Hernowo
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Setiyono Setiyono
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Sandy Suryo Prayogo
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Banjir merupakan permasalahan yang terjadi akibat dari volume air yang berlebih pada sungai yang dipengaruhi oleh aktifitas manusia yang tidak ramah terhadap lingkungan. Banjir memiliki dampak negatif yang cukup banyak salah satunya adalah rusaknya sarana dan prasarana masyarakat. Kesiagaan masyarakat cukup penting diperlukan untuk mengurangi dampak negatif dari banjir tersebut. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merancang suatu sistem simulasi peringatan dini banjir sebagai alat dalam mendetaksi ketinggian air sebelum terjadi datangnya bahaya banjir. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe sistem peringatan dini bencana banjir yang mudah dioperasikan dan efektif untuk mendeteksi datangnya banjir. Pada protipe terdapat sensor level switch yang mampu mendeteksi pergerakan tinggi permukaan air pada daerah aliran sungai. Data hasil pengukuran tersebut akan diolah menggunakan PLC Omron sebagai pusat pengolahan data. Hasil olah data selanjutnya dikirim ke Arduino Uno untuk mengirim pesan kepada pengguna menggunakan modul GSM SIM800L V.2. Jika permukaan air mencapai ketinggian yang telah ditentukan, maka alarm buzzer berbunyi dan lampu LED menyala. Hasil pengujian menunjukkan bahwa respon sensor banjir dengan alarm peringatan sangat cepat yaitu kurang dari 3 detik. Waktu pesan SMS hingga sampai pada ponsel penerima relatif cepat yaitu dibawah 15 detik.

Keywords
Arduino Uno, Banjir, GSM SIM 800L, PLC Omron, Sensor Level Switch, Sistem Peringatan Dini
References

D. Satria, S. Yana, R. Munadi, dan S. Syahreza, “Sistem peringatan dini banjir berbasis SMS gateway dan mikrokontroler Arduino Uno,” Dalam Prosiding Seminar Nasional II Kemaritiman Aceh Universitas Serambi Mekkah, 2017, hal. 78 – 82.

I. F. Astuti, A. N. Manoppo, dan Z. Arifin, “Sistem peringatan dini bahaya banjir kota Samarinda mengunakan sensor ultrasonic berbasis mikrokontroler dengan buzzer dan SMS,” Jurnal SEBATIK STMIK Widya Cipta Dharma, vol. 22, no. 1, hal. 30 – 34, 2018.

C. Umari, E. Anggraini, dan R. Z. Muttaqin, “Rancang bangun sistem peringatan dini banjir berbasis sensor ultrasonik dan mikrokontroler sebagai upaya penanggulangan banjir,” Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, vol. 4, no. 2, hal. 35 – 42, 2017.

I. Setiawan, Progammable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

R. Hidayat, “Sistem tower crane berbasis PLC (Programmable Logic Controller) Omron CPM1A 20 CDR D V1,” Skripsi, Universitas Gunadarma, Depok, 2017.

Information
PDF
1094 times PDF : 903 times