ANALISIS NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN EXUDER DI PT PRALON

Pahmi Hamda
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Mesin merupakan salah satu peranan penting dalam keberhasilan suatu perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. PT Pralon perusahaan industri yang bergerak dibidang pembuatan pipa pelastik. Produk yang dihasilkan salah satunya adalah pipa berbahan pelastik jenis HDPE. Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya efisiensi produksi pipa tersebut terutama dalam penggunaan mesin yang disebabkan tidak tercapainya produktivitas mesin. Mesin produksi yang digunakan sering mengalami breakdown terutama pada mesin exuder tipe HDPE No.4 dengan besar persentase breakdown sebesar 17,432%. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan analisis Total Productive Maintenance (TPM) dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectivenes (OEE) dan dilakukan analisis diagram sebab akibat untuk usulan perbaikan. Hasil analisis menunjukkan Overall Equipment Effectivenes (OEE) untuk mesin exuder diperoleh rata-rata sebesar 37,129%, dimana dengan aktivitas yang diukur pada indeks ketersediaan sebesar 94,618%, kinerja sebesar 39,321%, dan kualitas sebesar 99,845%. Perbaikan yang diusulkan yang pertama adalah menjalankan perawatan pencegahan berdasarkan jadwal perawatan yang telah direncanakan serta membuat laporan diakhir kegiatan perawatan. Usulan berikutnya adalah meningkatkan manajemen pemasaran untuk dapat meningkatkan permintaan setiap periodenya sehingga mengurangi waktu mesin mengganggur. Usulan ketiga mengenai pengadaan spare part harus lebih aktif agar tidak terlalu lama apabila terjadi masalah pada mesin yang diharuskan mengganti komponen mesin.

Keywords
Breakdown, Perawatan Mesin, PT Pralon, Total Productive Maintenance
References

Daryus, Diktat Kuliah, Topik: “Manajemen Pemeliharaan Mesin,” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Darma Persada, Jakarta, 2007.

Rahmad, Pratikto, dan S. Wahyudi, “Penerapan overall equipment effectiveness (OEE) dalam implementasi total productive maintenance (TPM),” Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 3, no.3, hal. 431 – 437, 2012.

S. Nakajima, Introduction to TPM Total Productive Maintenance, Cambridge: Productivity Press, 1988.

A. Said dan J. Susetyo, “Analisis total productive maintenance pada lini produksi mesin perkakas guna memperbaiki kinerja perusahaan,” Dalam Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi, 2008, hal. 77 – 81.

M. I. Hariadi, “ Analisis kinerja mesin HGF C32MT dengan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan usulan perbaikanya menggunakan fishbone diagram pada pabrik gula Ngadiredjo,” Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya, 2012.

Hermanto, “Analisis kinerja mesin GF FSSZ 65/132 B dengan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) di PT PRN,” Journal Industrial Manufacturing, vol. 3, no. 2, hal. 15 – 22, 2018.

A. N. Fauzi, “Analisa total productive maintenance pada mesin machining center pada PT. Hitachi Power System Indonesia (HPSI) dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE),” Skripsi, Universitas Mercu Buana, Jakarta, 2015.

Information
PDF
5598 times PDF : 2707 times