PROTOTIPE ALAT PEMINDAH BARANG DI PELABUHAN BERBASIS ARDUINO

Andrea Darmawan
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Nur Sultan Salahuddin
Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia
Mochamad Karjadi
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi robot, semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan dengan mudah tanpa harus membuang tenaga dan mempersingkat waktu. Teknologi robot telah menggantikan peralatan-peralatan manual yang membutuhkan banyak tenaga manusia untuk dioperasikan. Tidak hanya teknologi robot yang berkembang saat ini, teknologi komunikasi juga mengalami perkembangan yang cepat. Smartphone adalah salah satu teknologi saat ini. Penelitian ini menghasilkan robot pemindah barang menggunakan aplikasi Android berbasis Arduino. Tujuan pembuatan robot pemindah barang yaitu untuk mempermudah dan meringankan pekerjaan manusia. Alat ini menggunakan sistem kontrol Arduino yang memiliki Atmega2560. Aplikasi pengendali yang sudah di-install pada smartphone, menggunakan dua buah motor stepper sebagai lengan robot. Berdasarkan hasil uji coba dapat dilihat bahwa lengan robot mampu bergerak dengan baik sesuai dengan perencanaan, yaitu mengangkat barang dari bawah ke atas kapal. Untuk jarak kendalinya pada aplikasi pengendali, mampu dikendalikan tanpa penghalang sejauh ±15 meter dan menggunakan penghalang sejauh ±10 meter dengan menggunakan media transmisi module bluetooth HC-05.

Keywords
Arduino, Atmega2560, Module Bluetooth HC-05, Motor Stepper, Robot, Smartphone
References

P. D. Saputra, “Pengendali robot transform menggunakan aplikasi Android berbasis mikrokontroler,” Skripsi, Universitas Gunadarma, Jakarta, 2015.

M. Ramdani, Sahrudin, A. Octavianto, Mujirudin, dan H. Ramza, “Miniatur ropeba (robot pemindah barang) FT – UHAMKA,” Ejournal Kajian Teknik Elektro, vol. 3, no.1, hal. 67 – 78, 2018.

V. R. Saputra dan Syufrijal, “Prototipe lengan robot pemindah benda berbasis PLC (Programmable Logic Controller),” Jurnal Autocracy, vol. 3, no. 2, hal 129 – 139, 2016.

A. A. G. Ekayana dan I. G. N. K. Ary, “Rancang bangun prototype sistem kendali lengan robot menggunakan interface wireless 2.4Ghz,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 1, hal. 116 – 125, 2017.

A. Kadir, From zero to pro arduino. Yogyakarta: Andi, 2015.

W. Budiharto, Elektronika digital dan mikroprosesor. Yogyakarta: Andi, 2014.

Information
PDF
597 times PDF : 774 times