ALGORITMA DECISION TREE PADA SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS

Firman Al Islami
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi IndustriUniversitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangatlah penting untuk memungkinkanmanusia menggerakan atau mengontrol alat dari jarak jauh, karena denganadanya jaringan internet yang tersedia dengan internet of things. Smart homeatau rumah pintar yang penulis buat adalah dengan membuat penyiramantanaman yang di hubungkan melalui jaringan internet. Karena akan kesibukannyapenghuni rumah tidak dapat untuk memberikan air bagi tanaman,sehinga tanaman tidak dapat berkembang dengan baik. Untuk itu sistempenyiraman tanaman dibuat untuk membantu penghuni rumah dalam pemberianair bagi tanaman. Sistem ini terdapat tiga menu pilihan yang dapatdipilih oleh penghuni rumah yaitu mengecek kelembaban, menghidupkanpompa, mematikan pompa. Mengecek kelembaban berfungsi untuk memberikanpenyiraman otomatis ke tanaman sampai tanaman menjadi lembabmaka pompa akan berhenti. Jika penghuni rumah ingin melakukan penyiramansecara manual maka dapat memilih menu ke dua yaitu menghidupkanpompa dan menu ke tiga adalah mematikan pompa. Sistem penyiramantanaman tersebut mendapat responden baik atas kuesioner yang di ajukankepada penghuni rumah dengan pertanyaan apakah kelembaban yang ditampilkan website sudah sesuai, 100% menjawab sangat setuju. Sehingga kelembabanyang di tampilkan melalui sistem ini sudah sesuai dengan keadaantanah pada tanaman.
Keywords
Kelembaban, Penyiraman, Tanaman
References

D. Bregman, “Smart home intelligence - the eHome that learns,” International Journal of Smart Home, vol. 4, no. 4, hal. 35 – 46, 2010.

D. Kurnianto, A. M. Hadi, dan E. Wahyudi, “Perancangan sistem kendali otomatis pada smart home menggunakan module arduino,” Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 5, no. 2, hal. 260 – 270, 2016.

B. Delya, A. Tusi, B. Lanya, dan I. Zulkarnain, “Rancang bangun sistem hidroponik pasang surut otomatis untuk budidaya tanaman cabai,” Jurnal Teknik Pertanian Lampung, vol. 3, no. 3, hal. 205 – 212, 2014.

J. Sirait, “Rumput gajah mini (pennisetum purpureum cv. mott) sebagai hijauan pakan untuk ruminansia, Wartazoa, vol. 27, no. 4, hal. 167 – 176, 2017.

L. A. Lomo, “Smart green house berbasis mikrokontroller arduino mega 2650 rev 3,” Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2016.

Information
PDF
1302 times PDF : 1568 times