APLIKASI SISTEM LACAK KENDARAAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN MODUL SIM808

Dicka Ariptian Rahayu
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Rifki Kosasih
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Sering terjadinya pencurian kendaraan bermotor membuat pemilik harus lebih berhati-hati dalam memarkirkan kendaraannya. Selain itu dibutuhkan alat tambahan pengamanan kendaraan yang diparkir seperti kunci ganda dan alarm. Akan tetapi, alarm tidak selalu aktif setiap waktu sehingga pencurian bisa tetap terjadi. Jika pencurian terjadi, dibutuhkan Sistem Lacak Kendaraan untuk melacak posisi kendaraan yang telah dicuri. Pada penelitian ini dibuat prototipe sistem lacak kendaraan yang terdiri dari alat pelacak, aplikasi mobile dan web server. Alat pelacak untuk melacak posisi pada kendaraan bermotor yang terhubung dengan web server dan aplikasi mobile menampilkan informasi data dari web server di smartphone pemilik. Alat pelacak terdiri dari 2 komponen utama yaitu Arduino Uno dan Modul SIM808. Alat pelacak ini menerima data dari satelit dan mengirimkan data tersebut berupa koordinat latitude dan longitude ke web server melalui protokol HTTP dengan jaringan internet. Web server menyimpan dan mengolah data ke dalam bentuk JSON dan menyediakan layanan API web services yang dibuat menggunakan PHP Native serta digunakan oleh aplikasi mobile. Aplikasi mobile dibuat berbasiskan Android dan menggunakan kerangka kerja Ionic. Pada aplikasi ini, data posisi kendaraan terbaru dapat secara otomatis terbaharui apabila data API dari web server merupakan data baru.

Keywords
Arduino Uno, SIM808, Sistem Lacak
References

H. Andrianto dan A. Darmawan, Belajar cepat dan pemrograman Arduino. Bandung: Informatika, 2015.

A. Sunyoto, “Pemanfaatan modul GPS receiver dan telepon selular untuk wide area vehicle tracking,” Dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007), 2007, hal. D-1 – D-8.

W. Habibi, “Model dan interkoneksi global positioning system,” Skripsi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2011.

S. Shanmathi dan C. Kamalanathan, “Arduino based vehicle collision detection using CAN protocol,” Journal of Electrical and Electronins Engineering, vol. 2, no. 4, 2015.

S. V. Devika, Sk. Khamuruddeen, Sk. Khamurunnisa, J. Thota, dan K. Shaik, “Arduino based automatic plant watering system,” International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, vol. 4, no. 10, hal. 449 – 456, 2014.

A. Sudrajat, Pembuatan aplikasi informasi gempa bumi berbasis Android. E-Paper Library Universitas Gunadarma, 2016.

Information
PDF
1114 times PDF : 3368 times