PURWARUPA ALAT PENDETEKSI DETAK JANTUNG BERBASIS ATMEGA328

Ilham Muarif Ambary
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Kusuma Raharja
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Jantung merupakan organ paling penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Berdasarkan pada kondisi tersebut kesehatan jantung manusia harus benar-benar diperhatikan. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung adalah dengan mengetahui detak jantung per menit. Pada penelitian ini dibuat suatu purwarupa alat pendeteksi detak jantung. Purwarupa alat pendeteksi jantung ini berbasis ATmega328. Sensor yang digunakan adalah sensor pulse yang berfungsi untuk mengukur dan mendeteksi denyut jantung yang dihasilkan jantung. Selain itu digunakan mikrokontroler ATmega328 arduino pro mini yang akan mengolah sinyal yang masuk dan menampilkan data detak jantung per menit pada layar OLED. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap 10 responden, purwarupa alat pendeteksi jantung ini memiliki kesalahan relatif rata-rata 0.32% yang dibandingkan dengan Pulse Oxymeter Elitech Mobile Fox 1. Berdasarkan pada kedua pengujian presisi, pengujian jari responden mempunyai rata-rata nilai RSD 1.48% sedangkan setiap jari tangan kanan dan kiri responden, memiliki nilai rata-rata masing-masing RSD 2.86% dan 5.02%.

Keywords
ATmega328, Detak Jantung, Pulse Sensor
References

E. C. Pearce, Anatomy and physiology for paramedics. Jakarta: Gramedia, 2007.

G. W. Wohingati dan A. Subari, “Alat pengukur detak jantung menggunakan pulsesensor berbasis Arduino Uno R3 yang diintegrasikan dengan bluetooth,” Jurnal Gema Teknologi, vol. 17, no. 2, hal. 65 – 71, 2013.

W. Kusuma dan S. Frandika, “Alat pengukur jumlah detak jantung berdasar aliran darah ujung jari,” Dalam Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014) Universitas Gunadarma, 2014, hal. 425 – 431.

R. S. Kusuma, F. Akbaruddin, U. Fadlilah, dan M. Pamungkasty, “Prototipe alat monitoring kesehatan jantung berbasis IoT,” Jurnal Emitor, vol.18, no. 1, hal. 18 – 22, 2018.

A. Vaishampayan, D. H. Shah, dan T. V. Shah, “OLED revolution,” International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering (IJARCCE), vol. 5, no. 7, hal. 570 – 573, 2016.

Information
PDF
3115 times PDF : 976 times