PROTOTIPE SISTEM PARKIR KENDARAAN DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO R3

Edo Wijaya
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Bayu Kumoro Yakti
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Saat ini sistem parkir merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Sistem parkir yang semakin modern, khususnya tempat parkir kendaraan mendorong manusia untuk berpikir bagaimana cara supaya sistem parkir efisien dan efektif. Pada penelitian ini dibuat prototipe sistem parkir kendaraan berbasis Arduino Uno dengan Radio Frequency Identification (RFID). Sistem parkir dibuat dengan metode membuka dan menutup portal pintu keluar kendaraan menggunakan RFID. Alat ini terdiri dari sebuah Arduino Uno dan komponen-komponen pendukungnya. Cara kerja sistem parkir kendaraan ini yaitu langkah pertama pada pintu masuk untuk sensor modul infrared akan dilewati oleh kendaraan maka motor servo akan aktif yang berfungsi sebagai indikator untuk membuka dan menutup portal pintu masuk ataupun pintu keluar kendaraan area parkir. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jika kendaraan mau keluar maka RFID tag yang dimasukkan benar maka akses diterima motor servo aktif dan LCD menampilkan kapasitas area parkir tersebut. Jika RFID tag tidak terdaftar maka motor servo tidak aktif.

Keywords
Arduino Uno, Motor Servo, RFID, Sensor Modul Infrared, Sistem Parkir
References

A. Juels, “RFID Security and Privacy: A Research Survey,” IEEE Journal on Selected Areas in Communications, vol. 24, no. 2, hal. 381 – 394, 2006.

A. A. A. Roossano dan J. Purnomo, “Desain dan prototipe kunci pintu otomatis menggunakan RFID berbasis Arduino Uno,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 21, no.2, hal. 86 – 93, 2016.

A. Kadir, From Zero To a Pro Arduino. Yogyakarta: Andi, 2015.

R. Alief, Darjat dan Sudjadi, “Pemanfaatan teknologi RFID melalui kartu identitas dosen pada prototipe sistem ruang kelas cerdas,” Jurnal Transmisi, vol. 16, no. 2, hal. 62 – 68, 2014.

G. M. Pradipta, N. Nabilah, H. I. Islam, D. H. Saputra, S. Said, A. Kurniawan, H Syafutra, S. N. Neiman, dan Irzaman, “Pembuatan prototipe sistem keamanan laboratorium berbasis Arduino Mega”, Dalam Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2016, hal. 31 – 36.

Information
PDF
2179 times PDF : 1063 times