RANCANG BANGUN PENGISI ACCUMULATOR (BATERAI) UNTUK SISTEM MINIATUR RUANGAN PEMANAS OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN MEMANFAATKAN SUMBER SOLAR PANEL

Fajar Hidayat Sanusi
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kebutuhan energi yang terus meningkat dengan sumber energi fosil yang digunakan terus menipis mengakibatkan dibutuhkannya energi alternatif. Pada penelitian ini dibuat pengisi accumulator (baterai) untuk sistem miniatur ruangan pemanas otomatis berbasis Arduino Uno dengan memanfaatkan sumber solar panel yang memiliki kapasitas daya dan tegangan 100W-18V. Tegangan output dari solar panel akan distabilkan terlebih dahulu oleh menjadi 13V yang selanjutnya masuk ke relay yang sudah terhubung dengan Arduino Uno sebagai pemroses data yang diterima dari sensor MAX471. Arduino Uno akan memberikan perintah kepada relay untuk mengisi baterai apabila tegangan baterai ≤11.66V dan auto cut off apabila keadaan baterai sudah mencapai 100% dengan tegangan ≥13V. Tegangan output dari baterai akan diturunkan oleh  buck converter LM2596 menjadi 5V yang selanjutnya masuk ke Arduino Uno sebagai sumber daya untuk mengaktifkan Arduino. Nilai tegangan, arus dan indikator persentase pada baterai yang masuk ke Arduino Uno akan ditampilkan di LCD. Solar panel ini memiliki efisiensi sebesar 12.6% dengan keadaan puncak pada pukul 11.00 WIB menghasilkan tegangan 18.69V, arus 0.72A dan daya sebesar 13.45W. Pengisi baterai ini hanya dapat mem-back up beban pemanas 75W selama ±40 menit karena adanya loss pada baterai sehingga baterai tidak dapat bekerja secara optimal sesuai spesifikasi.

Keywords
Arduino Uno, Auto Cut Off, Relay, Ruangan Pemanas, Solar Panel
References

Sukandarrumidi, H. Z. Kotta dan D. Wintolo, Energi terbarukan konsep dasar menuju kemandirian energi. Yogyakarta: UGM Press, 2013.

B. Anto, E. Hamdani dan R. Abdullah, “Portable battery charger berbasis sel surya,” Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 11, no. 1, hal. 19 – 24, 2014.

E. Prianto, S. Yatmono, dan A. Asmara, “Pengembangan solar panel dan inverter

sebagai alat untuk charging baterai pada sepeda listrik,” Jurnal Edukasi Elektro, vol. 1, no. 2, hal. 148 – 156, 2017.

S. Hidayat, “Pengisi baterai portable dengan menggunakan sel surya,” Jurnal Energi dan Kelistrikan, vol. 7, no. 2, hal. 137 – 143, 2015.

A. Kadir, From zero to a pro Arduino. Yogyakarta: Andi, 2015.

Information
PDF
363 times PDF : 1008 times