PENGURANGAN WAKTU PRODUKSI PRODUK MENGGUNAKAN METODE CAMPBELL DUDEK AND SMITH PADA PT INTINUSA SELAREKSA, Tbk

Wahyu Zeryanto Badri
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Ina Siti Hasanah
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Kegiatan penjadwalan produksi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam industri manufaktur agar tidak terjadi keterlambatan dalam penyelesaian produk yang dapat mengurangi tingkat kepuasan dan kepercayaan dari konsumen. Industri manufaktur tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak ada penjadwalan. Penjadwalan yang kurang baik dapat mengakibatkan masalah pada bagian produksi seperti penumpukan bahan baku pada suatu stasiun kerja, keterlambatan penyelesaian pesanan konsumen, dan produksi yang berlebih yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode Campbell Dudek and Smith (CDS) untuk mengurangi waktu produksi batu alam granit. Pengurangan waktu proses produksi atau makespan dari batu alam granit yang didapat adalah sebesar 79 menit, dimana waktu proses pada perusahaan yaitu sebesar 164 menit dan waktu proses dengan metode CDS adalah sebesar 85 menit.Penjadwalan produk dengan menggunakan metode CDS menghasilkan 2 urutan pekerjaan yang dapat dipilih oleh perusahaan dengan urutan 2 – 5 – 1 – 3 – 4 – 6 dan 2 – 5 – 3 – 1 – 4 – 6
Keywords
Campbell Dudek and Smith, Pengurangan Waktu Produksi, Penjadwalan Produk
References

S. Assuari, Manajemen produksi dan operasi edisi empat. Jakarta: FE UI, 1993.

T. Baroto, Perencanaan dan pengendalian produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

H. Kusuma, Manajemen produksi perancangan dan pengendalian produksi. Yogyakarta: Andi, 2009.

H. Tannady, Steven, dan A. V. Limas, “Solusi urutan pengerjaan job yang tepat dengan metode Campbell-Dudek-Smith (CDS) (Studi kasus: pabrik es PT. XYZ, kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah),” J@TI Undip, vol. X, no. 1, hal. 51 – 54, 2015.

A. M. Rani, “Meminimumkan waktu produksi sandal dengan penjadwalan metode CDS (studi pada CV. AWMK),” Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, vol. XIII, no. 2, hal. 1 – 20, 2016.

R. Ervil dan D. Nurmayuni, “Penjadwalan produksi dengan metode Campbell Dudek Smith (CDS) untuk meminimumkan total waktu produksi (makespan),” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 18, no.2, hal. 1 – 5, 2018.

T. Baroto, Perencanaan dan pengendalian produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Information
PDF
493 times PDF : 983 times