OPTIMASI RUTE TRUK PENGANGKUT SAMPAH DI KOTA DEPOK

Tegar Mujadid Mappa
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Sudaryanto Sudaryanto
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kota Depok merupakan salah satu wilayah dengan jumlah populasi penduduk terpadat di Indonesia. Jumlah penduduk yang besar menimbulkan permasalahan salah satunya adalah sampah. Pengelolaan sampah yang baik terutama pada pengangkutan sampah dari TPS hingga TPA harus diperhatikan supaya proses transportasi efektif dan efisien. Masalah ini terkait dengan penentuan rute truk sampah. Pada penelitian ini penentuan rute transportasi truk sampah di kota Depok dilakukan menggunakan metode Nearest Neighbour. Metode ini digunakan karena sesuai dengan permasalahan yang terjadi dimana terdapat kendala yaitu kapasitas muatan yang terbatas. Langkah penyelesaiannya yaitu truk mengawali perjalanan dari depot yang berlokasi di area TPA Cipayung menuju TPS terdekat lalu menuju TPA untuk membongkar muatan dan kembali ke depot. Berdasarkan penyelesaian menggunakan metode Nearest Neigbour didapatkan hasil terjadi pengabungan 6 rute baru. Jarak tempuh seluruh armada dalam satu hari yang sebelumnya 845,6 km menjadi 775,6 km sehingga penghematan jarak tempuh sekitar 8,3%. Jumlah truk untuk mengangkut sampah sebanyak 197 m3 yang sebelumnya 40 armada menjadi hanya 34 armada, sehingga ada penghematan sekitar 15%. Waktu waktu proses yang digunakan seluruh armada truk ke seluruh TPS hingga kembali ke depot sebelumnya adalah 9914 menit, dengan metode Nearest Neighbour didapatkan pengurangan waktu proses menjadi 9457 menit, sehingga menghemat waktu sekitar 4,6%.

Keywords
Kota Depok, Nearest Neigbour, Optimasi, Rute, Truk Sampah
References

R. Candrakirana, “Penegakan hukum lingkungan dalam bidang pengelolaan sampah sebagai perwujudan prinsip good environmental governance di kota Surakarta,” Jurnal Yustisia, vol. 4, no. 3, hal. 581 – 601, 2015.

M. Rizal, “Analisis pengelolaan persampahan perkotaan (studi kasus pada kelurahan Boya kecamatan Banawa kabupaten Donggala),” Jurnal Sipil Mesin Arsitek Elektro (SMARTek), vol. 9, no. 2, hal. 155 – 172, 2011.

S. Wirasambada dan D. I. Handayani, “Vehicle routing untuk pick up problem dengan pendekatan most valueable neighborhood dan nearest neighbor pada jasa pengiriman barang,” Jurnal Teknik Waktu, vol. 14, no. 2, hal. 43 – 46, 2016.

M. K. Karim, B. D. Setiawan, dan P. P. Adikara, “Optimasi Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRPTW) pada rute Mobile Grapari (MOGI) Telkomsel cabang Malang menggunakan algoritme genetika,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 2, no. 8, hal. 2702 – 2709, 2018.

M. Sari, A. Dhoruri, dan E. R. Sari, “Penyelesaian capacitated vehicle routing problem menggunakan saving matriks, squential insertion, dan nearest neighbour di Victoria Road,” Jurnal Matematika, vol. 5, no. 3, hal. 1 – 11, 2016.

I. K. T. S. Pramartha, I. A. R. Widhiawati, dan Y. Ciawi, “Analisis pengelolaan pengangkutan sampah di kecamatan Klungkung kabupaten Klungkung,” Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, vol. 2, no. 2, hal. IX-1 – IX-6, 2013.

N. H. N. Wirum, “Optimasi pembagian tugas karyawan menggunakan metode Hungarian,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, 2017.

DLHK, “Perda kota Depok tahun 2014 tentang pengelolaan sampah,” Pemerintah Kota Depok. [Daring]. Tersedia: http://dlhk.depok.go.id/wp-content/uploads/2018/08/PERDA-KOTA-DEPOK-THN-2014-NO-05-TTG-PENGELOLAAN-SAMPAH.pdf. [Diakses: 10 Oktober 2019].

Information
PDF
1317 times PDF : 1154 times