SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA AWAL PENYAKIT LAMBUNG MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB

Rizky Ardiansyah
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional
Indonesia
Fuziah Fauziah
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional
Indonesia
Andria Ningsih
Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional
Indonesia

Abstract

Berdasarkan situs kesehatan Health Line menyebutkan 60% orang dewasa akan mengalami masalah asam lambung. Di Indonesia penderita GERD pada tahun 2018 adalah 27,4% dan menempati urutan 10 besar penyakit dengan penderita terbanyak. Hal ini dipicu juga kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap informasi jenis-jenis penyakit serta gejala yang terdapat pada lambung. Selain itu jika gejala penyakit lambung muncul maka masyarakat kadang tidak segera berkonsultasi kepada dokter. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuat sistem pakar yang dapat merekomendasikan diagnosa awal penyakit pada lambung berdasarkan gejala yang dipilih. Sistem pakar merupakan sistem computer yang digunakan untuk menyerap pengetahuan dan keahlian manusia. Aplikasi sistem pakar ini dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Object pada penelitian ini hanya berfokus pada penyakit lambung yaitu Gastroparesis, GERD, Dispepsia, dan Tukak Lambung. Metode Dempster Shafer merupakan teori matematika berdasarkan fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal. Pengujian akurasi sistem dengan menggunakan 20 sample mendapatkan presentase sebesar 95%.

Keywords
Dempster-Shafer, GERD, Penyakit Lambung, PHP, Sistem Pakar
References

Kirman, A. Saputra, dan J. Sukmana. “Sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit lambung dan penanganannya menggunakan metode dempser shafer,” Jurnal Pseudocode, vol.6, no.1, hal. 58 – 66, 2019.

L. Khairiah, Tursina, dan T. Rismawan, “Sistem pakar diagnosis penyakit hati dengan metode dempster shafer berbasis android,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. 5, no. 2, hal. 57-66, 2017.

R. Setiawan, dan C. S. S. Bahri, “Implementasi metode dempster shafer pada sistem pakar diagnosa penyakit tropis berbasis web,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan , vol. 6, no. 3, hal. 97-106, 2018.

D. Hastari, dan F. Bimantoro. “Sistem pakar untuk mendiagnosis gangguan mental anak menggunakan metode dempster shafer,” J-COSINE, vol. 2, no. 2, hal. 71 – 79, 2018.

D. W. Utomo, Suprapto, dan N. Hidayat, “Pemodelan sistem pakar diagnosis penyakit pada sistem endokrin manusia dengan metode dempster-shafer, “Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1. No. 9, hal. 893-903. 2017.

D. M. Khairina, H. R. Hatta, R. Rustam, dan S. Maharani, “Automation diagnosis of skin disease in humans using dempster-shafer method, ” In Proc. The 2nd International Conference on Energy, Environmental and Information System (ICENIS 2017), 2017, hal. 1 – 7.

D. T. Yuwono, A. Fadlil , dan Sunardi. “Comparative analysis of dempster-shafer method and certainty factor method on personality disorders expert sistems,” Scientific Journal of Informatics, vol. 6, no. 1, hal. 12 – 22, 2019.

A. Sagdoldanova, L. Atymtayeva dan Z. Yespolayeva, “Medicine recommendation technique by using dempster-shafer theory,” Adv. Eng. Tec. Appl., vol. 6, no. 3, hal. 27-32, 2017.

A. Susanto, “Pengendalian mutu statistik dengan sistem pakar (pengembangan sistem pakar diagnosis,” Skripsi, Universitas Indonesia, Depok, 1991.

S. Kusumadewi, Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Information
PDF
9309 times PDF : 4158 times