IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK

Tjut Awaliyah Zuraiyah
Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan
Indonesia
Dian Kartika Utami
Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan
Indonesia
Degi Herlambang
Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan
Indonesia

Abstract

Chatbot adalah perangkat lunak yang dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa alami. Model percakapan menggunakan kecerdasan buatan agar mampu memahami ucapan pengguna dan memberi tanggapan yang relevan dengan masalah yang dibahas oleh pengguna. Pendaftaran mahasiswa baru memerlukan banyak informasi mengenai prosedur pendaftaran di perguruan tinggi. Website pendaftaran online di Universitas Pakuan masih sebatas berisi informasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi Chatbot otomatis yang dapat berkomunikasi dengan manusia mengenai informasi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Pakuan menggunakan Recurrent Neural Network (RNN) untuk klasifikasi teks. Aplikasi Chatbot diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Python dan Telegram API. Tahapan pada implementasi Chatbot terdiri dari preprocessing, transformasi data ke format .JSON, pelatihan data, bag of word dan full connection. Pengujian aplikasi Chatbot menggunakan data sebanyak 251 kalimat pertanyaan tentang pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Pakuan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Chatbot dapat menjawab pertanyaan mengenai pendaftaran mahasiswa baru dengan akurasi sebesar 88%, presisi sebesar 95% dan recall sebesar 92%.

Keywords
Chatbot, Pendaftaran Mahasiswa Baru, RNN, Python, Telegram
References

K. Bala, M. Kumar, S. Hulawale, dan S. Pandita, “Chat-bot for college management system using A.I,” International Research Journal Of Engineering and Technology (IRJET), vol. 4, no. 11, hal. 2030 – 2033, 2017.

M. H. Wijaya, M. Sarosa, dan H. Tolle, “Rancang bangun Chatbot pembelajaran Java pada Google Classroom dan Facebook Messenger,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 5, no. 3, hal. 287 – 296, 2018.

Maskur, “Perancangan Chatbot pusat informasi mahasiswa menggunakan AIML sebagai virtual assistant berbasis web”, KINETIK, vol. 1, no. 3, hal. 123 – 128, 2016.

S. P. Lende dan M. M. Raghuwanshi, “Question answering system on education acts using NLP techniques,” Dipresentasikan pada IEEE World Conference on Futuristic Trends in Research and Innovation for Social Welfare, Coimbatore, India, 2016.

P. Muangkammuen, N. lutiruk, dan K. R. Saikaew, “Automated Thai-FAQ Chatbot using RNN-LSTM,” In Proc. 22nd IEEE International Computer Science and Engineering Conterence (ICSEC), 2018, hal. 1 – 4.

P. Tanwar, T. V. Prasad, dan K. Datta, “An effective reasoning algorithm for question answering system,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA) Special Issue on Natural Language Processing, hal. 52 – 57, 2014.

Information
PDF
7170 times PDF : 4707 times