IMPLEMENTASI ALGORITMA ASSOCIATION RULE UNTUK PROMOSI PRODUK BERBASIS WEBSITE PADA BENGKEL DELTA JAYA MOTOR

Anggara Fajri Afif
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Indonesia
Ericks Rahmat Swedia
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Margi Cahyanti
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Bengkel Delta Jaya Motor merupakan toko yang menjual sparepart motor yang hampir setiap hari dikunjungi konsumen. Adanya kegiatan transaksi penjualan setiap hari membuat data semakin lama akan semakin bertambah banyak. Pada saat ini toko Delta Jaya Motor belum memanfaatkan ketersediaan jumlah data yang besar untuk menentukan strategi bisnis, seperti menentukan produk yang sering dibeli oleh konsumen, menentukan strategi pemasaran, dan mengatur ketersedian stok produk. Kemajuan teknologi informasi juga belum dimanfaatkan, aplikasi website adalah suatu wadah informasi yang bersifat realtime sehingga mempermudah konsumen memperoleh informasi. Dengan adanya aplikasi website diharapkan memudahkan proses bisnis pada toko Delta Jaya Motor seperti konsumen dapat langsung melihat produk di halaman website beserta stok dan produk lain yang sering dibeli bersamaan. Penelitian ini membahas analisis dan penerapan data mining untuk melihat pola pembelian konsumen Delta Jaya motor menggunakan algoritma association rule berbasis website. Dengan menggunakan algoritma association rule berhasil diperoleh sebelas aturan asosiasi dengan memberikan batas minimum support 13% dan minimum confidence 30%. Hasil dari aturan asosiasi memberikan informasi untuk membantu pihak manejemen atau pemilik bengkel dalam menentukan strategi bisnisnya, seperti mengatur produk yang sering dibeli, menentukan strategi pemasaran dan  mengatur ketersediaan stok produk.

Keywords
Aplikasi Web, Association Rule, Data Mining
References

Gresshinta, “Analisis dan penerapan data mining untuk melihat pola permintaan konsumen minimarket Yogamart dengan menggunakan algoritma association rule,” Skripsi, Universitas Gunadarma, Depok, 2018.

M. Fauzy, K. Rahmat, dan I. Asror, “Penerapan metode association rule menggunakan algoritma Apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kota Bandung,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 2, no.2, 2016.

S. Despitara dan H. Tursina, “Analisis asosiasi pada transaksi obat menggunakan data mining dengan algoritma Apriori,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, no.1, 2016.

M. Cahyanti, M. Mujahidin, dan E. R. Swedia, “Penerapan algoritma Apriori association rule untuk analisa nilai mahasiswa di Universitas Gunadarma,” SEMNASTEKNOMEDIA, vol. 5, no.1, 2017.

D. A. Nurdin, “Penerapan data mining untuk menganalisis penjualan barang dengan menggunakan metode Apriori pada supermarket sejahtera Lhoksumawe,” Jurnal Techsi, vol. 6, no. 1, hal. 134-155, 2015.

Faisal, “Penerapan metode association rule mining untuk analisis dan implementasi teknik data mining dalam memprediksi strategi pemasaran produk Unilever,” Jurnal INSTEK, Vol. 3, No.1, 2018.

R. R. Rereug, “Penerapan data mining dengan memanfaatkan metode association rule untuk promosi produk,” Jurnal Teknologi Rekayasa, vol. 3, no.1, hal. 89 – 98, 2018.

T. D. Larose, Discovering knowledge in data: introduction to data mining. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, 2005.

Information
PDF
1480 times PDF : 1250 times