PENGENALAN PEMICU PEMANASAN GLOBAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP

Arini Partiwi
Fakultas Teknologi Industi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Bermacam teknologi telah diciptakan untuk berbagai keperluan dan pada berbagai bidang ilmu, terutama di dalam bidang informasi, edukasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi dapat digunakan sebagai sarana edukasi serta adanya perkembangan informasi dan komunikasi dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR) yaitu suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Salah satu implementasi dari AR ini dibangun dengan memasukan teknologi Augmented Reality ke dalam kartu sebagai media interaktif pengenalan pemicu pemanasan global. Pengenalan pemicu pemanasan global yang dibangun dengan teknologi AR diharapkan dapat membantu dalam menampilkan serta menyampaikan informasi  yang dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengetahui tentang pemicu terjadinya pemanasan global. Pembuatan aplikasi AR menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), model rancangan pengembangan yang digunakan adalah Unified Modelling Languange (UML) dan pembuatan AR menggunakan software library ARToolkit. Faktor pemicu pemanasan gobal yang terdiri dari AC, asap mobil, asap pabrik dan penebangan pohon masing-masing telah berhasil disajikan dalam objek 3D.

Keywords
Augmented Reality, ARToolkit, SDLC, Triggers of Global Warming, UML
References

H. S. Alikodra, Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Pendekatan Ecosophy bagi Penyelamatan Bumi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.

D. P. Damayanti, “Global Warming In The Perspective Of Environmental Management Accounting (EMA)”, Jurnal Ilmiah ESAI, vol. 7, no. 1, 2013.

A. H. Muhi, Pemanasan Global (Global Warming). Jatinagor: Institut Pemerintahan dalam Negeri, 2011.

M. Rifa’i, T. Listyorini, dan A. Latubessy, “Penerapan teknologi augmented reality pada aplikasi katalog rumah berbasis android,” Pros. SNATIF, vol. 1, 2014, pp. 267–274.

I. Mustaqim, “Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 13, no. 2, hal. 174 – 183, 2016.

K. Fathoni, J. A. N. Hasim,C. Fadholani, R. Y. Hakkun, dan R. Asmara, “Visualisasi 3D Pembelajaran Penyebab Pemanasan Global Menggunakan Virtual Reality”, Jurnal Link, vol. 25, no. 2, hal. 4 – 20, 2016.

F. J. Tham, L. Liliana, dan K. R. Purba. “Media Pembelajaran Global Warming”, Jurnal Infra, 4, no. 2, 2016.

Mantasia dan H. Jaya, “Pengembangan Teknologi Augmented Reality sebagai Penguatan dan Penunjang Metode Pembelajaran di SMK untuk Implementasi Kurikulum 2013”, Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 6, no. 3, hal. 281 – 291, 2016.

A. Andriyadi, Augmented Reality With ARToolkit, Bandar Lampung: Augmented Reality Team, 2011.

P. P. Widodo dan Herlawati, Menggunakan UML. Bandung: PT Informatika Bandung, 2011.

L. Kamelia, “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar”, Jurnal ISTEK, vol. 9, no.1, hal. 238 – 253, 2015.

R. Gonydjaja, “Aplikasi Penjualan Rumah pada Perumahan Prima Harapan Regency Bekasi Berbasis Augmented Reality menggunakan ARToolkit”, UG Jurnal, vol. 9, no. 05, 2015.

Information
PDF
2270 times PDF : 2196 times