SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN BEASISWA PPA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: UNIVERSITAS GUNADARMA)

Tiya Noviyanti
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Universitas Gunadarma merupakan lembaga perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa dalam jumlah besar yang tersebar di berbagai fakultas. Beberapa mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa PPA. Semakin banyaknya minat mahasiswa untuk mendaftar beasiswa, maka tim seleksi sulit untuk melakukan seleksi terhadap calon penerima beasiswa. Saat ini seleksi dilakukan secara manual. Oleh karena itu, sistem pendukung keputusan dibutuhkan untuk memberikan pertimbangan kepada pihak pengelola dalam menyeleksi calon penerima beasiswa PPA. Analisis data menerapkan metode Analytical Hierarchical Process (AHP). Penelitian ini menerapkan lima kriteria untuk mendapatkan beasiswa PPA diantaranya yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, tanggungan orang tua, semester dan prestasi ko/ekstra kurikuler. Berdasarkan skala prioritas, rangking dari 5 lima kriteria yang digunakan pada penelitian ini secara berurutan yaitu IPK, penghasilan orang tua, tanggungan orang tua, semester, dan prestasi ekstra/ko kurikuler. Penentuan pengambilan keputusan dengan menggunakan metode AHP dalam penerimaan beasiswa PPA pada Universitas Gunadarma ini tepat untuk digunakan dalam proses penyeleksian calom penerima beasiswa.

Keywords
Analytic Hierarchy Process (AHP), Beasiswa PPA, Sistem Pendukung Keputusan
References

A. Putra dan D. Hardiyanti, “Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decission Making,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 3, no. 1, 2011.

A. A. Chamid dan B. Surarso, “Implementasi Metode AHP dan Promethee untuk Pemilihan Supplier,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 2, 2015.

M. Ibrahim, “Sistem Pendukung Keputusan Pengajuan dan Penilaian Beasiswa Berbasis Website Menggunakan Metode TOPSIS,” Journal of Computer and Information Technology, vol. 2, no. 1, hal. 22 – 28, 2018.

C. Budisaputro, “Analisa Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: STIKES Bhakti Husada Mulia),” Journal of Computer and Information Technology, vol. 1, no. 2, hal. 52 – 56, 2018.

W. Arninputranto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Beasiswa Dengan Fuzzy Metode Simple Additive Weighted,” Jurnal ELTEK, vol. 13, no. 01, hal. 37 – 48, 2015.

P. K. Putri dan I. Mahendra, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah di Kota Tangerang,” Jurnal TEKNOINFO, vol. 13, no. 1, 2019.

R. Umar, A. Fadlil, dan Yuminah, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, 2018.

H. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa PPA dan BBM Pada Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri Di Kopertis Wilayah X Padang Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process),” TEKNOSI, vol. 02, no. 03, 2016.

S. Destari dan B. K. Simpony, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Wedding Organizer Menggunakan Metode AHP,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 3, no. 2, 2018.

Y. A. Prasetyo, R. Indriati, dan Sucipto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Padi Unggul Menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW),” Simki-Techsain, vol. 02, no. 06, 2018.

Information
PDF
12681 times PDF : 4669 times