ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM ADMINISTRASI BAGIAN SIDANG UJIAN UNIVERSITAS GUNADARMA DENGAN METODE PIECES

Abdul Hafidh Sidiq
Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma
Indonesia
Ana Kurniawati
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Sistem administrasi berbasis komputer kini menjadi suatu hal utama untuk pemenuhan kebutuhan informasi, termasuk pada sebuah perguruan tinggi. Internet merupakan teknologi yang dapat memudahkan seseorang untuk melakukan kegiatan apapun. Di era teknologi informasi seperti saat ini, Universitas Gunadarma pun memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut, termasuk pada Bagian Sidang Ujian. Bagian Sidang Ujian sudah menerapkan sistem administrasi dengan teknologi tersebut, akan tetapi dalam penerapannya masih kurang optimal. Analisis perlu dilakukan untuk mengetahui permasalahan pada sistem tersebut. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam melakukan analisis, diantaranya adalah SWOT dan PIECES. Dalam penelitian ini, sistem administrasi tersebut dianalisis dengan metode PIECES. Analisis yang dilakukan meliputi beberapa variabel yaitu kinerja, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi dan pelayanan sistem. Hasil analisis yang didapat yaitu kinerja sistem sudah bagus namun belum optimal, informasi yang disajikan kurang lengkap, kontrol pada sistem masih kurang, dan banyaknya penggunaan kertas mengurangi peran dari sistem administrasi tersebut dalam mengoptimalkan administasi di Bagian Sidang Ujian. Setelah melakukan analisis dengan metode PIECES, dapat disimpulkan bahwa Sistem administrasi yang sekarang digunakan oleh Bagian Sidang Ujian, Universitas Gunadarma perlu dibenahi dan diperbaiki agar proses administrasinya dapat terselenggara dengan efisien dan efektif. Pembenahan dan perbaikan yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengembangkan sistem administrasi berbasis web.

Keywords
Analisis Kebutuhan, PIECES, Sistem Administrasi
References

L. N. Zulita dan I. Kanedi, “Sistem Administrasi Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu”, Jurnal Media Infotama, vol. 7, no. 2, 2011.

H. Antonio dan N. Safriadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF)”, Jurnal ELKHA, vol. 4, no.2, hal. 12 – 15, 2012.

Y. Utama, “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 3, no. 2, 2011.

U. Nugraha, “Analisis Sistem Informasi Pelayanan Desa XYZ Menggunakan Kerangka Kerja PIECES”, Jurnal Nasional JMII, vol. 2, no. 1, hal. 40 – 48, 2017.

R. Hardi, dan Hardianto, “Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Kerangka PIECES (Studi Kasus perpustakaan STITEK Bontang)”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 1, no. 3, hal. 15 – 21, 2015.

R. S. Dewi, R. R. Marchada, dan A. Rifai, “Analisa PIECES Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 pada PT. Alam Sutera Realty, Tbk.”, SENTIKA, hal. 644 – 648, 2016.

E. Susena, E. Utami, dan A. Sunyoto, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Smart Campus untuk Meningkatkan Pelayanan di Politeknik Indonusa Surakarta”, Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 1, no. 3, hal. 1 – 17, 2015.

R. Tullah dan M.I. Hanafri, “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces”, Jurnal SISFOTEK Global, vol. 4, no. 1, hal. 22 – 28, 2014.

Information
PDF
2272 times PDF : 2912 times