REALTIME RAY TRACING PADA OBJEK STATIK MENGGUNAKAN POVRAY

Lu'lu Mawaddah Wisudawati

Abstract


Perkembangan Teknlogi komputer grafis semakin pesat menyebabkan pembuatan program-program aplikasi grafis yang mampu menghasilkan gambar-gambar realtime, terutama gambar tiga dimensi yang photorealistic (sekualitas foto). Untuk menghasilkan gambar tiga dimensi dapat dilakukan beberapa metode salah satunya adalah teknik pencahayaan. Teknik ini menggunakan Ray tracing yaitu Metode merender obyek dengan melakukan penelusuran sinar dari mata ke arah obyek dengan memperhitungkan semua efek pencahayaan yang mengenai obyek tersebut dan juga bayangan dari objek, sehingga mampu menghasilkan obyek 3D yang sesuai dengan aslinya. Untuk membuat Objek tersebut digunakan perangkat lunak Povray. Povray menggunakan algoritma Ray-tracing dalam proses renderingnya. Ray tracing akan membaca file text yang berisi informasi yang menggambarkan objek dan cahaya dalam scene dan menggenerate sebuah image dalam scene dari view point kamera. Ray tracing bukanlah proses yang cepat, tetapi proses ini dapat memproduksi image yang berkualitas tinggi dengan realistic reections, shading, perspective dan efek lain. Dengan menggunakan povray, objek-objek baru 3D bisa dibentuk, seperti piring, buku, kursi, lampu hanya dengan menggunakan objek-objek primitive yang ada dalam povray seperti balok, bola, cincin, text dan kerucut.

 

Kata Kunci: Realtime, Photorealistic, Pencahayaan, Ray tracing, Rendering, Povray.


Full Text:

PDF


Copyright ©2009 Universitas Gunadarma