RANCANG BANGUN ALAT SISTEM REKAM DATA PADA KENDARAAN BERMOTOR

Helmi Wibowo
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Indonesia
Mohamad Yoga Pratama
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Indonesia
Faris Humami
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Indonesia
Ethys Pranoto
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Indonesia

Abstract

Kecelakaan lalu lintas dan insiden di jalan raya menjadi perhatian utama pemerintah, lembaga keselamatan transportasi, dan masyarakat. Data statistik menunjukkan peningkatan kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Faktor utama kecelakaan termasuk manusia, kendaraan, dan lingkungan. Namun, sering kali alat bukti atau data sulit ditemukan, seperti keterangan pengemudi dan saksi. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan rancang bangun alat sistem rekam data pada kendaraan bermotor. Alat yang dibuat akan merekam data kecepatan, lokasi, waktu kejadian, kemiringan kendaraan, serta audio dan video di dalam kabin dengan kontrol menggunakan Raspberry Pi 4 model B dan ESP32. Pengujian dilakukan pada kendaraan mobil dengan melakukan tes di jalan raya pada jalan raya provinsi dan jalan tol untuk melihat fungsi setiap sensor. Hasil data yang diperoleh dari setiap sensor berfungsi dengan baik, pada sensor MPU6050 nilai eror 0,028% – 0,123%, pada sensor GPS Beitian Be-220 nilai eror 2% dan titik koordinat latitude longitude dengan eror 0,000661 - 0,001403%. Alat ini diharapkan dapat membantu penyelidik lalu lintas dan otoritas regulasi dalam memperoleh bukti yang kuat dan meningkatkan kesadaran keselamatan di jalan raya.

Keywords
Kecelakaan lalu lintas, sistem rekam data, kendaraan bermotor, keselamatan transportasi, kesadaran keselamatan.
References

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Statistik Transportasi Darat 2022, vol. 8. Jakarta: Statistik Transportasi Darat 2021, 2023.

R. Hidayat, “Analisis Faktor – Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Bypass Kota Padang Km 10,” Bukit Tinggi, Sep. 2022. doi: https://doi.org/10.33559/err.v2i1.1354.

Tohirin and Rustam, “Tinjauan Sosiologis Terhadap Permintaan Keterangan Saksi Dalam Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas,” MJP Journal Law and Justice, vol. 1, pp. 1–9, 2023, doi: https://doi.org/10.59211/mjpjlj.v1i1.6.

Hilal, “Mengenal Apa Itu Sd Card,” IDMETAFORA. Accessed: Jun. 09, 2024. [Online]. Available: https://idmetafora.com/news/read/2543/Mengenal-Apa-Itu-Sd-Card-Hingga-Perbedaannya-dengan-Penyimpanan-Lain.html

G. Halfacree, Raspberry Pi Beginner’s Guide, 4th ed. Cambridge: Raspberry Pi Trading Ltd, 2020.

F. Zulkarnain, “Rancang Bangun Gimbal Stabilizer Dengan Modul Sensor MPU-6050 Menggunakan Complementery Filter Berbasis Raspberry Pi,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2020.

Muhammad Iqbal, “Microcontrol ESP32,” Telkom University. Accessed: Aug. 11, 2023. [Online]. Available: https://miqbal.staff.telkomuniversity.ac.id/mikrokontroler-esp32/

Muliadi, Al Imran, and MRasul, “PENGEMBANGAN TEMPAT SAMPAH PINTAR MENGGUNAKAN ESP32 ,” Jurnal MEDIA ELEKTRIK, vol. 17, no. 2, Apr. 2020.

U. Suwardoyo, M. Yunus, and H. S. Tadjo, “Sistem Keamanan Mobil Menggunakan GPS dan Penyadap Suara,” Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika, pp. 1–5, 2023.

Litalia, “Pengertian Webcam, Fungsi Webcam dan Cara Kerja,” Jurnalponsel. Accessed: Jan. 20, 2024. [Online]. Available: https://www.jurnalponsel.com/pengertian-webcam-fungsi-webcam-dan-cara-kerja/

Information
PDF
46 times PDF : 26 times