KECERDASAN MORAL PADA REMAJA YANG MENGALAMI DEVIASI MOTHERING

Muhammad Hasyim Azhar
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia
Dona Eka Putri
http://www.gunadarma.ac.id
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract
Deviasi mothering yang dialami oleh seorang anak dapat berakibat buruk pada tumbuh
kembang anak tersebut terutama pada kecerdasan moralnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana kecerdasan moral pada remaja yang mengalami deviasi mothering.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja
laki-laki yang mengalami deviasi mothering jenis institutional mothering yang berjumlah 2
orang. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa remaja yang mengalami deviasi mothering cenderung tidak memiliki
kecerdasan moral yang baik. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain
adalah ketidakhadiran orangtua secara emosional terutama peran ibu, ketiadaan keterlibatan
ayah, kekerasan di usia balita, faktor lingkungan dan faktor usia. Namun demikian,
kemampuan moral yang dimiliki oleh remaja yang mengalami deviasi mothering masih dapat
tumbuh dan berkembang menjadi baik selama ada figur lain yang dapat memberikan kasih
sayang menggantikan peran ibu dan mengajarkan nilai-nilai moral yang baik.

Abstract
Mothering deviance that happened with child has negative side for the child’s growth
especially for the moral intelligence. The aim of this study is to describe about moral
intelligence in children with mothering deviance. The approach of this research is qualitative
research. The participants of this research are two children, and interview and observation
are using for the data collecting. The result shows that children with mothering deviance has
tendency for not having good moral intelligence. This can be happened because of some
factors. First, the absence of parents emotionally, abuse moment in infant, also age and
environment factors. Furthermore, the growth of children moral intelligence still can be
expected from love and affection for substituting the role of mother and in teaching good
moral values.

Information
Abstract views: 1154 times
Download PDF: 801 times