PETATAH PETITIH KEARIFAN LOKAL EKONOMI DAN BISNIS MASYARAKAT MINANG PEDAGANG RANTAU DI JAKARTA

Erni Hastuti, Teddy Oswari, Defi Julianti

Abstract


Masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia. Selain itu, etnik ini juga telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan adanya kerapatan adat untuk menentukan hal-hal penting dan permasalahan hukum. Kuatnya kearifan lokal masyarakat Minang dalam menyelesaikan permasalahan pada sistem kemasyarakatan dan isu-isu global, sangat berpengaruh pada penguatan masyarakat local dimanapun berada. Tujuan penelitian ini mengkaji dimensi ekonomi dan bisnis kearifan lokal masyarakat Minang pedagang rantau di DKI Jakarta, memahami nilai ekonomi dan bisnis yang dapat dipertahankan dan faktor-faktor yang menggeser atau meningkatkan kearifan lokal dalam sisi bisnis dan ekonomi pada masyarakat Minang pedagang rantau. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan survey dan focussed group discussion (FGD) guna mendokumentasikan, merekam dan mencatat untuk dianalisis dan menghasilkan produk e-book petatah petitih masyarakat Minang yang masih digunakan oleh banyak pedagang rantau. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai ekonomi dan bisnis masih banyak digunakan dalam berbisnis dan kehidupan masyarakat minang pedagang rantau di DKI Jakarta. Faktor-faktor yang menggeser nilai ekonomi dan bisnis masyarakat Minang adalah banyaknya pengaruh sosial budaya dari luar lingkungan yang merubah pemikiran perantau yang mengakibatkan berkurangnya kemandirian mereka dalam mempertahankan perilaku ekonomi dan bisnis yang telah diamanahkan dan ditanamkan oleh adat Minang

Full Text:

FULL PAPER