POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERAPIS DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN DARAT (RSPAD) GATOT SOEBROTO

Sandra Kurnia Puteri
Gunadarma University
Indonesia
Budi Santoso
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal terapis dengan anak berkebutuhan khusus untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksi Simbolik G. Herbert Mead dalam Ahmadi D (2008). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini ada tiga informan terapis untuk diwawancarai dan tiga sampel anak berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis gangguan untuk diobservasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan terapis pada anak berkebutuhan khusus adalah pola komunikasi primer, sekunder dan sirkular. Pola komunikasi primer oleh terapis dengan anak berkebutuhan khusus adalah komunikasi verbal dan nonverbal. Pola komunikasi sekunder memanfaatkan media-media berupa visual untuk meningkatkan pemahaman bahasa dan berbicaranya seperti kartu gambar, puzzle, miniatur, bola, dan lain-lain. Sementara pola komunikasi sirkular terapis dengan anak berkebutuhan khusus akan terjadi respon atau feedback dalam proses terapi.


Keywords
Pola Komunikasi; Komunikasi Interpersonal; Terapis; Anak Berkebutuhan Khusus
References

Afrilia, A. M., & Arifiana, A. S. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Asih, S. (2022). Peran Terapis dalam Membimbing Interaksi Sosial Anak Autisme (Studi Kasus Rumah Terapi abk Darul Fathonah Kudus) [Undergraduate Thesis]. IAIN Kudus.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Bungin, B. (2013). Metode penelitian sosial & ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan, publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran (1st ed.). Kencana Prenada Media Goup.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (2nd ed.). Rajawali Pers.

Handojo, Y. (2003). Autisme. PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Hasan, I. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Antara Trainer Dengan Anak Tuli Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Di Upt Resource Centre Abk Gresik [Undergraduate Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

RSPAD Gatot Subroto. (n.d.). Selayang Pandang. RSPAD Gatot Subroto. Retrieved January 16, 2024, from http://rspadgs.mil.id/id/page/selayang-pandang

Setyaningsih, R., Nurhidayah, N., Mariza, A., Hastuti, L. S., Harahap, S. A., Puspitosari, A., Parinduri, S. A., Prasetyaningsih, R. H., & Rachmat, N. (2022). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Tahta Media Group.

Information
PDF
203 times PDF : 104 times