KOMUNIKASI EGALITER SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI RRI JAKARTA PRO 4 DI ERA PENYIARAN DIGITAL

Dimas Yori Koyana
Universitas Gunadarma
Indonesia
Yuning Ika Rohmawati
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Digitalisasi penyiaran telah membawa dampak pada adanya transformasi radio dari yang sebelumnya analog menjadi digital. Radio Republik Indonesia (RRI), termasuk RRI Jakarta Pro 4 sebagai radio milik negara pun mengadopsi bentuk baru penyiaran ini. Di level organisasi, dibutuhkan strategi komunikasi organisasi yang tepat dalam rangka menyeimbangkan proses adopsi dan transformasi tersebut. Strategi komunikasi organisasi merupakan serangkaian panduan perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  Adapun tujuan penelitian ini, yakni mengeksplorasi lebih dalam mengenai strategi komunikasi organisasi RRI Jakarta Pro 4 di era digitalisasi penyiaran. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis digunakan dalam menganalisis data. Adapun data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepemimpinan situasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan situasional yang menggunakan komunikasi egaliter sangat menguntungkan bagi RRI Jakarta Pro 4 dalam proses adopsi dan transformasi pada digitalisasi penyiaran. Prinsip egaliter dalam komunikasi yang diterapkan pemimpin efektif mendorong karyawan untuk fleksibel dan mencapai performa yang baik di tengah situasi yang dinamis.

Keywords
strategi komunikasi organisasi; egaliter; digitalisasi; penyiaran; RRI Jakarta Pro 4
References

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Harliantara, 2019. Website pada Industri Penyiaran Radio di Indonesia: Live Streaming dan Podcasting. Jurnal Studi Komunikasi. 3 (1), 82-100.

Indraswari, Debora Laksmi. Eksistensi Radio Menghibur Pendengar di Era Digital. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/riset/2021/09/05/eksistensi-radio-menghibur-pendengar-di-era-digital/ pada 25 November 2021.

Kusnandar, Viva Budi. Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. Diakses dari www.databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio/ pada 25 November 2021.

Muhammad, Arni. (1995). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohanudin, M. (2014). RRI Play: Strategi Memenangkan Persaingan Global. Yogyakarta: RRI dan Diandra Pustaka Indonesia.

Ula, Elok Kharismatul. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Radio Komunitas SAKA FM di Yogyakarta. Junal Komunikasi. 15 (2), 145-156.

Situs streaming RRI Jakarta diakses dari www.rri.co.id/jakarta pada 20 November 2021.

Wijaya, P Hellen., Christina Widayati., dan Chichi Rahmayanti, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi. XXIII (3) 319-333.

Information
PDF
476 times PDF : 272 times