PENGGUNAAN MEDIA DAN KREDIBILITAS MEDIA ONLINE: MENGANALISIS PENGARUHNYA PADA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI AUDIENCE

Muhammad Rizki Nasution
Universitas Gunadarma
Indonesia
Nuke Farida
Universitas Gunadarma
Indonesia
Fitri Dwi Lestari
Universitas Dian Nusantara
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media dan kredibilitas media online terhadap pemenuhan kebutuhan informasi viewers (studi pada media online kumparan.com). Pendekatan penelitian ialah menggunakan kuantitatif dengan metode survey yakni kuesioner. Paradigma yang dipakai merupakan paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini yaitu viewers dari media online kumparan.com yang pernah mengakses, mengunjungi atau melihat media kumparan.com dengan rentang usia 21-41 tahun, Tata cara penentuan sampel memakai non probabilitas sampel dengan pendekatan purposive sampling. Riset ini memakai rumus Lemeshow dengan margin eror 5%, sehingga responden dalam penelitian ini berjumlah 384. Riset ini memakai teori Uses and Gratification. Hasil riset bisa disimpulkan bahwa variabel penggunaan media dengan indikator context, communication, collaboration, serta connection dan variabel kredibilitas media dengan indikator believability, accuracy, trustworthiness, bias, completeness memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi dengan indikator current need approach, everyday need approach, exhaust need approach, catching up need approach. Saran untuk peneliti selanjutnya agar mempunyai perspektif yang luas dan menambahkan variabel dalam penelitian ini yaitu kredibilitas pesan (message credibility).

Keywords
kredibilitas media; pemenuhan kebutuhan informasi; penggunaan media
References

Abidin, S., Cindoswari, A. R., & Gea, S. (2018). Kredibilitas media dalam pemberitaan implementasi kawasan ekonomi khusus kota Batam. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 72-89.

Azizah, L. (2020). Pengaruh Terpaan Informasi dan Kredibilitas Akun Instagram @tirtoid terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Universitas Gunadarma.

Datareportal.com. (2022). Digital 2022: Indonesia. Diakses pada 1 September 2022, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355–362. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712

Johnson, R., & Smith, L. (2022). The Role of Quantitative Approach in Investigating Research Questions. Journal of Research Methods, 25(3), 167–185.

Kafalaksmi, A. (2022). Pengaruh Motif dan Penggunaan Media Sosial Instagram @kampusmengajar terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Program Kampus Mengajar. Universitas Gunadarma.

Masitoh, S., & Nursanta, E. (2022). Pengaruh Nilai Berita dan Kredibilitas Media Akun Instagram @Kompascom terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 31-41.

Nurudin, N. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. RajaGrafindo Persada.

Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Balai Pustaka (Persero).

Nuzula, V. F. (2019). Kredibilitas Portal Media Online dalam Pemberitaan Peristiwa Hoaks Pengeroyokan Ratna Sarumpaet (Analisis Isi Portal Berita Detik. com dan Tribunnews. com Periode 2-8 Oktober 2018) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Umeogu, B. (2012). Source credibility: a philosophical analysis. Open journal of philosophy, 2(02), 112-115.

Information
PDF
1211 times PDF : 809 times