STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JACOB KOFFIE HUIS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Haya Khazimah Mega Saniyyah
Gunadarma University
Indonesia
Ahmad Nasher
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Jacob Koffie Huis dalam meningkatkan brand awareness. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Jacob Koffie Huis memadukan elemen-elemen komunikasi pemasaran, seperti periklanan melalui Instgram dan Facebook, penjualan personal secara tatap muka antara barista dengan konsumen, dan melakukan publisitas dengan berkolaborasi bersama brand lain untuk mendapatkan exposure. Sementara, elemen komunikasi pemasaran berbentuk promosi penjualan dan penjualan secara langsung sudah tidak dilakukan karena dianggap tidak efektif. Strategi komunikasi pemasaran yang sudah diterapkan oleh Jacob Koffie Huis berhasil membuat brand awareness mereka berada di tahap brand recall. Artinya, konsumen mampu mengingat brand Jacob Koffie Huis tanpa stimulus ketika mereka diminta menyebutkan suatu produk dalam kategori coffee shop.

Keywords
Strategi komunikasi; pemasaran; brand awareness
References

Aaker, A. D. (2017). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama.

Hakim, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Kota Malang (Studi Kasus pada Bisnis Pemain dan Pecinta Sepak Bola). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7).

Moleong, Lexy. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, A. V., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).

Riyantie, M., Alamsyah, A., & Pranawukir, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Di Era Digital Dan Era Pandemi Covid-19. Jurnal Imliah Ilmu Komunikasi, 20(2).

Sari, N. (2018). Narasi Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop “Filosofi Kopi.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Soemanagara, R. D. (2016). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis Dan Terapan. Alfabeta.

Suwatno, S. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Simbiosa Rekatama .

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

[@amigosdenimes]. (2022, 17 September), Amigos en Jacob // The Cheers for Five Years [foto instagram]. Diakses pada tanggal 23 September 2022 melalui https://www.instagram.com/p/Cim3OcvpHgP/

[@jacob.koffie]. (2022, 7 September), Legend Says if You and Your Best Friend Both Wear #Amigosenjacob Collaboration Project, You are Unstoppable! [foto instagram]. Diakses pada tanggal 23 September 2022 melalui https://www.instagram.com/p/CiMnbZiJU5R/

Information
PDF
1274 times PDF : 637 times