ANALISIS STRUKTUR DAN KARAKTER JARINGAN KOMUNIKASI OLAHRAGA TAGAR #TIMNASDAY DI TWITTER

Graciela Bianca Jaafar
Gunadarma University
Indonesia
Nuke Farida
Gunadarma University
Indonesia
Kamila Nur Imani Putri
Gunadarma University
Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa luas dan besarnya jaringan komunikasi tagar #TimnasDay di media sosial twitter. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis jaringan komunikasi sosial (SNA). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak berbasis web, yaitu netlytic.org dengan jumlah populasi sebesar 2500 cuitan akun Twitter dan Sampel sejumlah 1587 aktor (nodes) dan 1150 relasi (edges) yang diperoleh dari periode 26 Oktober 2021-27 Oktober 2021. Pendekatan teori yang digunakan adalah CMC (Computer Mediated Communication) yang bertujuan untuk menganalisis  pemanfaatan media sosial Twitter sebagai medium yang efektif dalam membangun jaringan tertentu, dimana jumlah aktor-aktor yang masif dan tersebar  berkumpul dengan tujuan dan kepentingan yang sama. Hasil temuan menunjukkan bahwa ukuran dan luas jaringan komunikasi olahraga #Timnasday cukup besar dan luas, dan  kohesivitas yang relatif rendah karena nilai kepadatannya (density) hanya 0.000948 dengan interaksi 2265, dimana rentang kepadatan tinggi adalah 1.0. Pola jaringan komunikasi ini bersifat desentralisasi, dimana ada  beberapa aktor yang berperan sebagai pusat informasi. Nilai resiprositasnya adalah 0.001808,  artinya interaksi yang terjadi antar aktor satu arah dan interaksi tersebut hanya terjadi pada 292 aktor. Diameter jaringan komunikasi ini adalah 2 artinya aktor-aktor membutuhkan 2 langkah untuk saling berinteraksi dan jarak rata-rata antar aktor dalam jaringan adalah 1.09.

Keywords
Analisis jaringan komunikasi; komunikasi olahraga; tagar#TimnasDay,
References

Susanto, Budi, Herlina, Antonius R. C. (2012) Penerapan Social Network Analysis dalam Penentuan Centrality Studi Kasus Social Network Twitter. Jurnal Informatika, Vol. 8 No. 1.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Jakarta: Kencana. Pratiwi, Fatma Dian. (2014). Computer Mediated Communication (Cmc) dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya (Tinjauan pada Soompi Discussion Forum Empress Ki TaNyang Shipper). Vol. 7, No. 1, April 2014.

Sentosa, Hedi Pudjo dkk. (2014). Sport, Komunikasi, Dan Audiens. Yogyakarta: ASPIKOM.

Krisnawati,Ester. (2016). Penggunaan Media sebagai Saranan Pencarian Informasi oleh Kalangan Remaja di Salatiga. Jurnal ris.uksw.edu (diakses pada 4 Desember 2022)(https://www.google.com/urlsa=t&source=web&rct=j&url=https://ris.uksw.edu/download/makalah/kode/M01544&ved=2ahUKEwi8opiby-H7AhUM 3MBHfbmBVwQFnoECC0QAQ&usg=AOvVaw2v486_W87LQhXvfqgYsu9W)

Farida, Nuke. (2020). Analisis Jaringan Sosial Komunikasi Pemasaran pada Pemanfaatan Twitter Tokopedia. Jurnal Universitas Gunadarma, Vol. 14 Edisi 05 Mei 2020. Fatoni, Ahmad, Pricilla Anestha. (2020).

Analisis Jaringan Komunikasi pada Percakapan #TetapDukungPSBB Di Twitter Pada Penerapan Ke Dua PSBB DKI Jakarta. Jurnal Spektrum Komunikasi, Vol. 8(2):177-200.

Sipahutar, Calvin Moniaga, Feral Dennys. (2022). Kalah dari Australia, Timnas U23Indonesia Petik Pelajaran Berharga. Kompas.com.(diakses pada 28 Januari 2022) (https://bola.kompas.com/read/2021/10/30/06400048/kalah-dari-australia-timnas-u23-indonesia-petik-pelajaran-berharga?page=all)

Information
PDF
946 times PDF : 402 times