PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BERPRESTASI

Dina Juniar Anggraini
Universitas Gunadarma
Indonesia
Wahyu Rahardjo
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Prestasi akademik merupakan suatu pencapaian yang menjadi salah satu tujuan dalam dunia pendidikan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat pengaruh yang ditimbulkan oleh kecerdasan emosi dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa berprestasi. Responden dalam penelitian ini adalah 106 orang mahasiswa berprestasi di Universitas Gunadarma yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00. Teknik pengambilan responden yang digunakan oleh penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sementara itu, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi akademik mahasiswa berprestasi sebesar 57,2% dan terdapat pengaruh konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa berprestasi sebesar 8,8%. Dan diketahui pula terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi akademik pada mahasiswa berprestasi sebesar 57,4%.

Keywords
kecerdasan emosi; konsep diri; mahasiswa berprestasi; prestasi akademik
References

Adeyemo, D.A. (2007). Moderating Influence of Emotional Intelligence On The Link Between Academic Self-Efficacy and Achievement of University Students. Jurnal.

Agustiani, Hendriati (2009). Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri. Bandung: Refika Aditama.

Azwar, S. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badudu, J. S. & Zaih, S. M. (2001). Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Cooper, Robert K. Dan Sawaf, Ayunan. (2002). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Alih Bahasa: Ales Tri Kantjono Widodo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewa, Made Mertayasa. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Jaya Palu Menggunakan Tools SPSS. Jurnal.

Eva, Nauli Thaib. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal.

Fineburg, A. C. (2009). Academic achieve-ment. Dalam Lopez, S. J. (Ed.), The encyclopedia of positive psychology: Volume I|A-K ). West Sussex: Wiley-Blackwell.

Goleman, Daniel. (2002). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa Singgih D dan Yulia S.D.G. (1983). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Hidayat, Dede Rahmat.2011. Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hurlock, E. B. (2005). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

MacCann, Carolyn. (2006). Coping Mediates The Relationship Between Emotional Intelligence (EI) and Academic Achievement. Jurnal.

Mulyana, Dedy. (2000). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahputra, Naam. (2009). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan. Skripsi.

Salovey, Peter & Sluyter, David J. 1997. Emotional Development and Emotional Intelligence: Implication for education. New York: Basic Books.

Yusak, Novanto & Lidia, Yulianti. (2015). Faktor-faktor yang Berkaitan dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi “X”. Jurnal.

Information
PDF
850 times PDF : 456 times