STRATEGI PUBLIKASI OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN JEMBER DALAM SITUASI COVID-19

Traviata Bianca Putri
Airlangga University
Indonesia
Santi Isnaini
Airlangga University
Indonesia

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana strategi komunikasi krisis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember dalam situasi wabah Covid-19. Situasi pandemi yang terjadi tanpa prediksi dan sekaligus membawa banyak perubahan dalam pemerintahan dan masyarakat menjadi latar yang tidak biasa dalam penelitian ini. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember sebagai pelaksana tugas dan fungsi kehumasan Pemerintah Kabupaten Jember bertanggung jawab menjelaskan langkah-langkah komunikasi krisis apa saja yang dilakukan pemerintah selama pandemi Covid-19. Ada tiga informan perwakilan dari masing-masing bidang tugas selama strategi komunikasi krisis dalam situasi wabah Covid-19. Penelitian ini penting dilakukan karena wabah Covid-19 merupakan hal yang baru saja terjadi di seluruh belahan dunia dan telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Jember pada 27 Maret 2020 lalu. Belum ada langkah pasti untuk mengatasi krisis berupa pandemi ini, kebijakan pemerintah juga kerap fluktuatif hingga membuat masyarakat resah dan berujung pada kepanikan sosial. Penelitian ini menggunakan teori langkah-langkah strategi komunikasi krisis oleh Murray (2001). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi krisis yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember diantaranya telah dibentuk Gugus Tugas Covid-19 (Satgas Covid-19) sebagai inti komando dan pengawasan masyarakat pada situasi pandemi dengan dan pusat pengolahan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember. Tidak hanya melibatkan peran Pimpinan Daerah, dalam menjalankan strategi komunikasi krisis juga bersinergi dengan TNI, POLRI, Ulama, Pengadilan Negeri, dan pihak swasta lainnya.

Keywords
Covid-19; masyarakat; pandemi; pemerintah; strategi komunikasi krisis
References

Ardianto, Evinaro. (2007). Komunikasi massa. Bandung : Simbiosa Rekatamam Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi. Bandung : CV Armico.

Biagdi, Shirley. (2010). Pengantar Komunikasi Massa (9th ed). Jakarta : Salemba Humanika. Changara, H. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grasindo Persada. Cornelissen, (2004). Corporate Communication A Guide to Theory & Practice. London: SAGE Publications Ltd.

Christiyaningsih. (2020, Maret 28). Jember Berlakukan Kawasan Tertib Physical Distancing. Retrieved from: https://republika.co.id/berita/q7wsil459/jember-berlakukan-kawasan- tertib-ltemgtphysical-distancingltemgt

Effendy, U. (1993). Human Relations and Public Relations. Bandung: CV. Bandar Maju. Fearn & Banks. (2002). Crisis Communication. London: Lawrence Erlbraum Associates. Moleong, Lexy. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakaya.

Sholichah, Z. (2020, Mei 9). Bawaslu Jatim: Politisasi bansos COVID-19 terjadi di Jember. Retrieved from: https://www.antaranews.com/berita/1479963/bawaslu-jatim- politisasi-bansos-Covid-19-terjadi-di-jember

Solichah, (2020, April 4). Cara Unik dan Tegas Polres Jember Mencegah Penyebaran COVID-19. Retrieved from banten.antaranews.com: https://banten.antaranews.com/nasional/berita/1403562/cara-unik-dan-tegas-polres- jember-mencegah-penyebaran-Covid-19?

Supramadani, (2020, Juni 8). Strategi komunikasi krisis Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from: https://www.suara.com/yoursay/2020

Information
PDF
358 times PDF : 182 times