AKTIVASI DIGITAL RADIO SIARAN SEBAGAI UPAYA PERLUASAN AUDIENCE

Windri Saifudin
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Indonesia
Ade Kusuma
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Indonesia
Farikha Rachmawati
Indonesia

Abstract

Era digital telah membawa perubahan besar, khususnya pada industri media. Era yang  ditandai dengan hadirnya internet sebagai perkembangan teknologi komunikasi digital yang  lebih canggih, dianggap memberi dampak pada berubahnya selera audience di industri  media konvensional. Masyarakat yang dulu mengandalkan media konvensional sebagai  medium utama mendapatkan informasi dan hiburan, kini telah bergeser pada internet.  Kondisi itu turut mempengaruhi pendapatan iklan yang terus merosot. Padahal, audience  dan iklan merupakan sumber pendapatan yang memiliki peranan vital dalam menjalankan  roda ekonomi dan bisnis pada industri media. Tantangan tersebut membawa para  pengelola industri media konvensional untuk terus berinovasi, dan mengembangkan  medianya sesuai dengan kemajuan teknologi dan tuntutan pasar atau khalayak. Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memfokuskan pada industri radio siaran.  Objek penelitian ini dilakukan pada Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya,  yang mana kedua radio tersebut merupakan radio swasta di Surabaya dengan segmentasi  dewasa. Untuk mempertahankan eksistensinya di tengah tantangan media digital berbasis  internet, kedua radio tersebut mencoba untuk mengembangkan medianya dengan melakukan  konvergensi melalui media digital berbasis internet. Hasil penelitian ini melihat bagaimana  Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya aktif menggunakan media digital sebagai  salah satu upaya untuk beradaptasi dengan kebutuhan konvergensi media dan memperluas  pasar audience.

Keywords
digital activation, media economy, broadcast radio, social media, media management
References

APJI. (2018). Hasil Survey Profil Internet Indonesia 2018 (Issue June). apji.or.id

Bensa, C. (2015). Tipologi Komunikasi Virtual: Studi Kasus Pada Facebook Parenting Indonesia. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v7i1.422

Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 16(1). https://journal.isi.ac.id/index.php/rekam/article/view/3721

Hidayah, A. R. (2020). Pengelolaan Konvergensi Media Suara Surabaya Media Di Era Disrupsi. Universitas Airlangga.

Ika. (2017). Angka Belanja Iklan di Radio Turun 30 Persen, Ini Penyebabnya. Https://Www.Jawapos.Com/Ekonomi/Bisnis/11/12/2017/Angka-Belanja-Iklan-Di-Radio-Turun-30-Persen-Ini-Penyebabnya/.

Joseph, T. (2011). APPS: The Spirit of Digital Marketing 3.0. Elex Media Komputindo.

Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa : Teori, Aplikasi, dan Riset. Buku Litera. https://search.library.wisc.edu/catalog/9910219502402121

Kotler, P., & Keller, K. . (2012). Marketing Management, 14th Edition. Pearson Education Limited.

Ksiazek, T. B., Peer, L., & Lessard, K. (2014). User engagement with online news: Conceptualizing interactivity and exploring the relationship between online news videos and user comments. New Media & Society, 18(3), 502–520. https://doi.org/10.1177/1461444814545073

Kusnandar, V. B. (2019). Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2019/10/23/Hanya-13-Persen-Masyarakat-Yang-Masih-Mendengarkan-Radio. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio

Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana Prenadamedia Group.

Paramitha, C. R. P. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Universitas Dipenogoro.

Permana, F. Y. (2017). Mempertahankan Pasar Media Cetak Melalui Konten Augmented Reality / AR (Studi pada Koran Tribun Jogja). Channel, 5(2), 77–90.

Prajarto, N. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 33–46. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367

Ramdan, D. M. (2016). Bisnis radio makin berat. Https://Industri.Kontan.Co.Id/News/Bisnis-Radio-Makin-Berat.

Rihartono, S. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran Di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet. Profetik, 8(2). http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1093/1007

Saifudin, W. (2020). Proses Gatekeeping Radio Suara Surabaya Dalam Menjaga Akurasi Berita Di Tengah Serbuan Hoax. Universitas Airlangga.

Supriadi, C. (2015). Perluas Pasar Sekaligus Mendekatkan Diri dengan Pendengar Lewat Digital. Marketing.Co.Id. https://marketing.co.id/gen-fm-perluas-pasar-sekaligus-mendekatkan-diri-dengan-pendengar-lewat-digital/

Information
PDF
455 times PDF : 146 times