AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS KOMUNITAS GENERASI PESONA INDONESIA (GENPI) DALAM DISEMINASI INFORMASI PARIWASATA DI ERA NEW NORMAL

Futiha Ruhdini Yusuf
Universitas Gunadarma
Indonesia
Widiastiana Vista Wijaya
Universitas Gunadarma
Indonesia

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 atau disebut sebagai era new normal, sektor pariwisata sudah mulai beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan kepada pengelola dan pengunjung. Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GENPI) merupakan komunitas yang berfokus pada diseminasi informasi pariwasata agar dapat membangun branding digital pesona Indonesia. Di bawah pengawasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreattif (Kemenparekraf), komunitas GENPI menjadi wadah untuk membantu masyarakat agar dapat memperoleh akurat dan actual di bidang pariwisata.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktivitascyber public relations dan bentuk informasi pariwisata yang disebarluaskan oleh komunitas GENPI kepada publik. Metode penelitian inimenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan pelaksanaan studi gabunganberdasarkan bahan diperoleh melalui buku, jurnal, dan data lapangan mengenaikondisi di era new normal yakni secara virtual melakukan wawancara kepada pihakterkait. Dalam hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa KomunitasGenerasi Pesona Indonesia telah melakukan terkait akivitas cybe PR yang dilakukan, antara lain unggahan publikasikomunitassiber, publikasi melalui e-mail dan e-magazine, publikasi di media sosial dan website. Bentuk informasi pariwasata disebarluaskan melalui aktivitas pun beragam disesuaikan dengan media yang digunakan

Keywords
Cyber Public Relations, Komunitas GENPI, Diseminasi Informasi
References

Idrus, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Pariwisata Komunitas Genpi (Generasi Pesona Indonesia) Dalam Mempromosikan Brand Destinasi Pasar Siti Nurbaya. Jom Fisip, 5, 1–12. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/download/22260/21545

Melita. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations PT . Angkasa Pura 1 ( Persero ) Bandara Internasional Juanda Surabaya Dalam Menyosialisasikan Terminal Baru ( T2 ). Jurnal E-Komunikasirnal E-Komunikasi, 3(1), 1–8.

Onggo, B. J. (2004). Cyber Public Relations. PT Elex Media Komputindo.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (Fourth Edi). Sage Publications Inc.

Pera Irawan, E. (2017). Website Utilization in Cyber PR Activities to Promote e-Government Service in South Tangerang Administration. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 19(2), 163–177.

Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2021. (n.d.). Retrieved September 15, 2021, from https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021

Information
PDF
569 times PDF : 659 times