ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWERENESS PADA INDSUTRI FASHION BRAND DENIM LOKAL DI BANDAR LAMPUNG

Hanindyalaila Pienrasmi
Universitas Bandar Lampung
Indonesia
Fajar Aidil Nur
Universitas Bandar Lampung
Indonesia

Abstract

Dalam menjalankan suatu bisnis membangun brand awereness terhadap konsumen sangatlah penting, karena membangun brand awereness merupakan salah satu cara bagaimana perusahaan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk peraama kali membeli produknya, dan membuat konsumen tersebut terus melakukan pembelian ulang. Fokus pada penelitian ini adalah perihal pemanfaatan  media  sosial instagram untuk membangun brand awareness pada produk lokal di industri fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram dalam membangun brand awereness pada brand denim lokal yang ada di Bandar Lampung. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif guna menghasilkan kedalaman mengenai pemanfaatan instagram dalam membangun brand awareness pada produk fashion. Pengumpulan data dilakukan dengan mewanwancarai kepala toko masing-masing merek sebagai pengambil keputusan dan para pengelola akun instagram serta melakukan observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memaparkan dalam memanfaatkan akun instagram, dari keempat brand tersebut hanya satu brand saja yang telah memenuhi enam faktor yang digunakan pada penelitian ini sebagai landasan dalam memanfaatkan media sosial untuk membangun brand awareness.walau secara belum maksimal. Keenam faktor tersebut adalah vividnes, interactity, informational content, entertaining content, position  dan valence of comment.

Keywords
Media Sosial; Instagram; Brand Awarenes; Fashion
References

Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen Dewantara, 2(1), 109–116.

De Vries, L. K., Gensler, S., & Leeflang, P. S. H. (2012). Popularity of Brand Posts on Brand Fan Pages: An Investigation of the Effects of Social Media Marketing. Journal of Interactive Marketing, 26(2), 83–91.

Martinus, H., & Chaniago, F. (2017). Analysis of Branding Strategy Through Instagram With Storytelling In Creating Brand Image on Proud Project. HUMANIORA, 8(3), 201–210.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Simiosa Rekatama.

Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–201.

Ratriyana, I. N. (2016). Relasi Internet Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Brand Awareness, Image Dan Expereience Produk Asing. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 46(1).

Information
PDF
1488 times PDF : 1418 times